Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 TIPS MEMBELI GITAR


5 TIPS MEMBELI GITAR

Ketika hendak belajar gitar, Kamu wajib memiliki gitar sendiri di rumah, agar  bisa berlatih tiap hari dengan leluasa. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips membeli gitar bagi Kamu yang berencana membelinya.

1. Sesuaikan budget

Hal yang pertama yaitu tentukan budget yang Kamu miliki. Jangan memaksakan diri untuk membeli gitar bagus dan bermerk dengan harga yang mahal. Jika budgetmu tipis, belilah gitar yang murah-murah saja. Jika budgetmu lumayan, belilah gitar yang agak berkualitas. Jika budgetmu tinggi, Kamu bisa membeli gitar yang bagus dan bermerk.

2. Sesuaikan selera

Selain menyesuaikan budget, Kamu juga harus meyesuaikan seleramu masing-masing. Apakah Kamu ingin gitar akustik? Klasik? Elektrik? Akustik elektrik? Semua tergantung seleramu. Tapi ada baiknya, untuk Kamu yang baru belajar gitar lebih baik pilihlah gitar akustik biasa (string), untuk mempermudah dalam belajar gitar dan juga harga yang relatif lebih terjangkau.

3. Cek sound / Tes Suara

Ketika Kamu telah menemukan gitar yang sekiranya sreg di hati dan hendak Kamu beli, tes terlebih dahulu peforma suaranya. Meski harga sangat menentukan kualitas, tetapi tak sedikit gitar-gitar dengan harga murah yang suaranya cukup enak didengar. Cobalah untuk menyetemnya terlebih dahulu dan mainkanlah jika Kamu bisa. Pastikan tidak ada senar yang bunyinya mati atau fals. Cek dari pangkal fret sampai ujung fret.

4. Cek Seluruh Bodi Gitar

Ceklah seluruh bodi gitar dari ujung sampai pangkalnya. Pastikan tak ada kecacatan sedikitpun. Tetapi jika gitar yang hendak Kamu beli kondisinya second atau bekas dan terdapat kecacatan, tanyakan penyebab kecacatannya dengan jelas. Dengan begitu,  Kamu bisa menegosiaisi lagi harganya dengan lebih leluasa. Karena Kamu dapat mengklaim adanya kecacatan di gitar yang akan Kamu beli.

5. Minta Garansi

Walau tak semua gitar ada garansi resminya. Cobalah untuk memninta garansi kepada penjualnya. Kamu bisa melakukan negoosiasi dengan penjual atau pemilik tokonya. Setidaknya, mintalah garansi personal. Dengan demikian, dapat membuatmu merasa yakin pada pilihan yang telah Kamu tentukan. 

Semoga bermanfaat.  

Baca juga: 4 Langkah Mudah Belajar Gitar Secara Otodidak

Posting Komentar untuk "5 TIPS MEMBELI GITAR"