Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA BELAJAR TEKNIK PALM MUTING PADA GITAR

TEKNIK PALM MUTING / DEEP
image: ZonaGitar.net
Bermain gitar pada dasarnya adalah memainkan keenam dawai dengan menggunakan jari-jari tangan kita. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memainkan keenam senar agar terdengar lebih indah. Cara tersebut dapat kita kategorikan sebagai teknik memainkan gitar.

Teknik bermain gitar yang kali ini akan kita kupas tuntas yaitu teknik deep atau teknik palm muting. Mendengar namanya saja kita pasti sudah bisa menerka, seperti apa teknik ini. Ya, mengindahkan kata "muting" itu sendiri yang artinya "mendiamkan" tentu kita bisa berpikir secara rasional bagaimana wujud dari teknik ini.

Palm muting / deep adalah teknik mendiamkan atau mematikan bunyi senar gitar sesaat / sesudah senar dibunyikan. Maknanya adalah kita bisa memetik ataupun menggenjreng (strumming) senar gitar lalu kita tahan atau hentikan bunyi yang telah keluar, entah itu bersamaan ataupun sesudah kita bunyikan senar.

Teknik palm muting tergolong dalam beragam teknik gitar yang  lazim digunakan seperti harmonic, arpeggio, tapping, dll. Teknik ini sejatinya adalah teknik dasar dalam memainkan gitar agar terdengar "sedikit berbeda".

Secara garis besar, untuk memainkan teknik ini bisa menggunakan dua buah cara. Kedua cara tersebut adalah cara yang paling umum digunakan oleh semua gitaris di dunia. Untuk lebih jelasnya mari kita lanjut, cekidot.

2 macam variasi teknik palm muting / deep

1. teknik menahan senar dengan menggunakan tangan kanan

Cara yang pertama yang bisa kita terapkan untuk memainkan teknik ini yaitu dengan cara menahan senar sesaat setelah kita bunyikan dengan menggunakan tangan kanan. Untuk memudahkannya, kita bisa menggunakan ibu jari tangan kanan bagian dalam untuk menahan bunyi senar sesaat setelah kita bunyikan.

Caranya adalah, "harus cepat dan tepat". 

Maknanya adalah, ketika senar telah kita bunyikan, segera secepat mungkin untuk menahan bunyinnya dengan ibu jari tangan kanan bagian dalam. Sedangkan tepat yang penulis maksud yaitu ketika kita menahan menahan bunyi senar tidak boleh kecepatan atau mendahului, artinya jangan menahannya ketika senar belum kita bunyikan dengan benar.

Selain itu jangan pula terlambat ketika menahan bunyi senarnya. Jangan sampai senar sudah berbunyi secara utuh baru kita tekan. Bila seperti itu artinya kita memainkan teknik yang berbeda, yang penulis beri nama clear playing, yang artinya teknik memainkan gitar agar terdengar bersih dan tanpa noise yang akan segera kita bahas pada postingan selanjutnya.

2. teknik menahan senar dengan menggunakan tangan kiri

Kebalikan dari teknik yang pertama, bila tadi menahan senar dengan menggunakan ibu jari tangan kanan, sekarang kita akan menahan senar dengan menggunakan jari tangan kiri.  

Lalu, jari apa saja yang bisa kita gunakan untuk menahan bunyinya?

Semua jari yang kita gunakan untuk menekan senar. Kita bisa memanfaatkan semua jari yang kita gunakan untuk memainkan senar dari jari telunjuk sampai jari kelingking. Atau bahkan kita juga bisa menggunakan keempat jari kita itu secara bersamaan untuk menahan senar. Tentunya menyesuaikan situasi dan kondisi ya. .

Situasi dan kondisi yang seperti apa maksudnya?

Ketika kita sedang memainkan chord-chord tertentu misalnya, dan kita sedang bermain petikan. Kita bisa menentukan nada apa yang akan kita matikan, bila kita memainkan dengan cara memetik senar satu per satu tentu tidak mungkin kalau semua jari kita gunakan untuk menahan bunyinya karena kurang efektif dan efisien tentunya.

Disamping itu, ketika kita memainkan chord atau not tertentu secara bersamaan kita akan membunyikannya secara utuh dan ada pula yang dimatikan seperti pada permainan gitar fingerstyle. Dan yang menjadi tantangannya yaitu, semuanya harus kita mainkan secara bersamaan!

Baca: Mengenal Lebih Dalam Mengenai Fingerstyle

Praktiknya yaitu kita bunyikan senar secara loss maupun pada fret tertentu, lalu kita akan menahan bunyinya dengan meletakkan jari-jari tangan kiri kita pada fret yang kita kehendaki.

Bila kita memainkan dengan teknik strumming kita bisa menahannya secara full, bisa dengan menggunakan satu jari, dua jari, ataupun keempat-empatnya sekaligus guna mempercantik tampilan permainan kita.

Penutup: 

Cara memainkan teknik palm muting / deep ini terbilang gampang-gampang susah. Yang perlu kita pahami baik-baik yaitu konsep "menahan", karena ini adalah konsep utama dari teknik ini. Bedakan mana yang menahan mana yang menekan, pasti kita akan paham dan bisa menguasai teknik ini dengan segera. 

Pada awalnya mungkin kita akan merasa cukup kesulitan karena belum terbiasa. Suara yang dihasilkan pun juga belum terdengar begitu bersih / baik. Berlatih dan terus berlatih adalah pilihan yang tak bisa kita hindarkan.

Kita bisa bermain teknik "mematikan" ini dengan dua cara yang paling sederhana, yaitu menahan senar dengan jari tangan kanan maupun dengan jari tangan kiri. 

Mau cara yang pertama atau cara yang kedua yang kita pilih, itu terserah, yang penting kita menikmati dan bisam memainkan teknik itu dengan lancar tanpa suatu halangan apapun.

Semoga bermanfaat.



 

Posting Komentar untuk "CARA BELAJAR TEKNIK PALM MUTING PADA GITAR"