Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 TIPS AMPUH AGAR MENDAPATKAN GITAR ASLI


TIPS MEMBELI GITAR ASLI


Dalam bermain gitar, kadang kala kita ingin mempunyai gitar baru. Sehingga kita pun akan memutuskan untuk membeli gitar baru. Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja. Akan tetapi sedikit saran dari saya berhati-hatilah sebelum membelinya, mengingat sekarang ini banyak sekali gitar palsu / custom yang beredar di pasaran.

Nah, bagi Anda yang menginginkan gitar baru yang asli / ori pabrik, ada beberapa tips yang bisa sobat manfaatkan agar tak tak tertipu dengan gitar palsu / custom yang diklaim sebagai gitar asli. 


1. Harga

 


Faktor pertama yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah soal harga. Ingat, ada harga ada kualitas. 

Jangan mudah terpancing atau terkecoh dengan para penjual yang menawarkan gitar ori bermerk dengan harga yang sangat miring. Secara logika, gitar bermerk dengan harga murah jauh dari pasaran itu sangat tidak masuk akal.

Bagaimana bisa seorang penjual mengatakan kalau gitar dagangannya ori kalau harga yang ia berikan jauh dari harga pasaran pada umumnya.

Tak jarang seorang penjual yang (maaf) penipu memberikan harga yang sangat “fantastis”. Bukan karena mahalnya, tetapi karena harganya yang sangat murah. Jauh dari harga pasaran gitar asli. 

Parahnya lagi, umumnya mereka memberikan harga hingga di bawah 50% dari harga normal / harga pasaran dari gitar tersebut pada umumnya.

Untuk itu, saya harap sobat lebih waspada dan lebih selektif lagi dalam memilih penjual yang berkompeten dan dapat dipercaya. 

Di samping itu, sobat juga bisa mencari-cari spesifikasi dan harga gitar yang akan sobat beli di internet. Lebih bagus lagi kalau sobat mencarinya di situs-situs jual beli online yang sudah terpercaya, seperti; Lazada, Tokopedia, Buka Lapak, Shopee dan semacamnya. 


2. Logo

 


Hal berikutnya yang bisa sobat sekalian amati adalah ada tidaknya logo pada gitar yang akan sobatbeli. Gitarasli sudah pasti terdapat logo yang dicetak asli dari pabrik dengan tepat dan presisi. Logo gitar ori itu sudah tertanam dan menyatu di kayu gitarnya.

Berhati-hatilah, belakangan ini banyak penjual dan produsen nakal yang mengakali gitar palsu buatan mereka dengan menambahkan logo sama persis dengan logo gitar aslinya.

Namun demikian, sejatinya tetap dapat kita bedakan dengan jelas mana yang logo asli buatan pabrik dan mana logo yang buatan sendiri (handmade).

Di atas sudah saya sebutkan, logo gitar ori itu menyatu dengan kayunya, bukan hanya sekedar tempelan belaka. Nah, kalau gitar palsu biasanya hanya tempelan berupa stiker, cat, atau tanam kerang maupun laser. 


3. Merk

 

Hampir serupa dengan poin kedua, hal selanjutnya yang bisa kita cermati adalah merk. Merk di sini yang saya maksud adalah merk gitar yang biasanya terdapat di dalam tabung gitar. Sudah tak asing lagi bukan?

Pada umumnya gitar palsu tidak menyertakan merk di dalam tabung, karena mungkin menurut asumsi saya pribadi mereka merasa sedikit takut dan mereka juga berpikir bahwa pada bagian tersebut tidak terlalu terlihat dan jarang diperhatikan oleh orang awam.


4. Nomor Seri

 


Selalu cek nomor seri pada gitar yang akan kita beli. Pastikan terdapat nomor seri pada gitar yang akan sobat beli. Dengan adanya nomor seri mengindikasikan bahwa gitar itu diproduksi oleh pabrik dan berlisensi resmi.

Nomor seri biasanya disertakan di dalam tabung gitar dekat dengan pangkal neck yang ada di dalam bodi gitar atau di bawah trussroad gitar.

Apa itu trussroad?


Trussroad adalah besi penyangga sebagai penguat yang biasanya ditanamkan dalam neck gitar. Biasanya dapat kita temui di berbagai gitar yang sedikit “berharga” alias “mahal”.

Namun demikian, sekarang ini banyak produsen gitar yang mengeluarkan gitar-gitar dengan seri low end yang sudah tertanamkan trussroad di dalam neck-nya, khususnya produsen gitar custom / handmade.


5. Tingkat Finishing


 

Poin terakhir yaitu perhatikan dan amati baik-baik finishing gitar yang akan sobat beli. Dari tingkat pewarnaan, kehalusan bodi, dan semua kelengkapan gitar beserta aksesoris-aksesorisnya.

Gitar asli yang diproduksi pabrik jelas sudah dicek dengan teliti sebelum dipasarkan. Gitar yang terdapat kecacatan akan disortir ulang sebagai barang gagal produksi. Pabrik resmi juga telah mempunyai standar tersendiri atau berupa “quality control” yang cukup ketat dan terjamin. 


Semoga bermanfaat. 

12 komentar untuk "5 TIPS AMPUH AGAR MENDAPATKAN GITAR ASLI"

  1. ane juga musisi gan,,, dan kebetulan megang gitar, kalo soal gitar yang bagus ane langsung ke toko musik yang lumayan terkenal di kota. dan disitu memang cuma dijual yang kualitasnya bagus.. BTW nice share.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Gan. Kalau mau amannya ya langsung datang ke toko musik resminya yang sudah terpercaya. Btw sebenarnya banyak kok indikator lain yang bisa kita perhatikan. Thanks banget sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Woahh keren gan.. Thanks buat infonya gan

    BalasHapus
  3. mantap sob infonya, oh iya agar artikel agan banyak yang baca coba share artikel nya ke situs social bookmark saya mas, insyaallah bakal rame pengunjung, yuk lihat kesini Web Portal Pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik mas. Terima kasih banyak atas infonya dan akan saya coba. Semoga artikel saya semakin ramai pengunjung.

      Hapus
  4. Pas bener gue mau beli gitar dapet info ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Semoga anda mendapatkan gitar yang terbaik. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  5. Artikel bagus , terimakasih infonya... Kebetulan saya mau beli gitar.

    BalasHapus
  6. Maaf gan mau tanya apakah ada gitar yang palsu tapi memiliki nomer seri? Soalnya menurut saya sangat mungkin untuk membuat nomer seri dipangkal necknya. Sebelumnya terima kasih

    BalasHapus