Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GITAR ASLI VS GITAR CUSTOM, BAGUSAN MANA?

GITAR ASLI VS GITAR CUSTOM, BAGUSAN MANA?

Memilih gitar sebenarnya perkara mudah. Tapi tak sedikit dari Kamu yang mungkin masih dibingungkan banyaknya pilihan yang ada. Apalagi jika budget tipis tetapi ingin membeli gitar bermerk yang harganya mahal. Akhirnya jalan pengcustoman pun ditempuh.

Untuk Kamu yang berencana membeli gitar namun masih bingung akan memilih gitar asli atau custom, mungkin penjelasan singkat di bawah ini bisa Kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Gitar Asli (Ori)

Gitar ori yaitu gitar asli produksi pabrik. Tentunya, jika gitar itu bermerk (terkenal) harganya relatif cukup mahal. Namun demikian, gitar bermerk juga banyak yang mengeluarkan seri-seri tertentu dengan harga yang lebih murah. Gitar ori tentunya berkualitas bagus, karena telah melewati uji kelayakan dan standarisasi pabrik.

Setiap pabrik tentu mempunyai sistem pengujian sendiri. Setiap gitar yang terdapat kecacatan akan disortir kembali. Sementara gitar yang bagus dan sudah lolos uji akan dikemas dan dipasarkan. Proses pembuatannya juga sudah modern, karena telah menggunakan bantuan dari mesin-mesin canggih. Sehingga dengan demikian, kemungkinan terjadinya kecacatan bisa diminimalisir.

Gitar Custom

Gitar custom yaitu gitar yang dibuat secara handmade oleh orang-orang yang ahli membuat gitar (luthier). Banyak yang beranggapan bahwa gitar custom ini berkualitas buruk, dan masih kalah dengan gitar ori pabrikan. Tetapi anggapan itu tak selamanya benar, justru bisa kebalikannya.

Gitar custom memang dibuat sendiri oleh para luthier gitar. Jika kemampuan atau skill dari luthiernya masih di bawah rata-rata anggapan itu ada benarnya. Tetapi bagaimana jika lutihiernya sangat mahir dalam membuat gitar. Tentu anggapan itu salah besar. Seorang luthier gitar bisa membuat gitar yang bagus dan berkualitas. Tergantung dari pengalaman atau kapasitasnya, juga skill bermusiknya.

Nah, oleh karena perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya. Maka berikut penulis berikan review tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Gitar Asli (Ori)

Kelebihan:
  •  Kualitas terjamin
  • Terjadinya kecacatan sangat minim
  • Ada garansi resmi dan servis centre yang terpercaya

Kelemahan:
  • Harga relatif lebih mahal
  • Kualitas terbatas pada harga, karena diproduksi secara masal dan sudah di standarisasi
  • Gitar tidak bisa dibuat sesuai keinginan sendiri

Gitar Custom

Kelebihan:
  •  Harga relatif lebih murah
  •  Kualitas tidak terbatas pada harga, tetapi tergantung skill dari luthiernya
  • Bisa dibentuk sesuai keinginan pribadi

Kelemahan:
  • Resiko kecacatan lebih besar
  • Tidak ada klaim garansi, kalaupun ada tak sebagus gitar ori yang mempunyai servis centre resmi  
  • Tidak ada standarisasi produk, sehingga kualitas tidak ada batasan atau jaminannya

Semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Tips Membeli Gitar

31 komentar untuk " GITAR ASLI VS GITAR CUSTOM, BAGUSAN MANA?"

  1. Wiiihh..
    Hobi gitar juga ya gan..
    Sama kita.. aku lumayan hobi laah..
    ..
    Tpi bagus nii.. artikelnya.. bisa nambah nambah penhetahuan ni..
    Nice Gan..

    BalasHapus
  2. Baru tau saya gan kalau ada gitar costum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, pemula banget ya gan. Sudah sejak zaman nenek moyang dulu ada yang namanya gitar custom alias replika.

      Hapus
  3. Tp kl sy baca2 d novel eeeh ko novel blog mksdny.. di luar negri lbih d minati gitar costum dr pd pabrikan.. and sebalikny kl d indonesia raya.. knp y?? Bwt yg sering k luar negri tmh jwbnya dunk.. dr smp mslh ni tanda tnya besar wt q....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau di luar negeri atau di indonesia kalau gitar custom yang pembuatnya spesial dan dibuat khusus untuk orang spesial ya tetep lebih bagus sob. Setahu saya kalau di luar negeri itu kebanyakan gitar custom buatan khusus yang gak dipasarkan luas. Sebagai contoh alat-alat musik buatan tangan salah luthier terhebat sepanjang masa Antonio Stradivari yang hanya dibuat spesial untuk pemesan yang juga spesial. Kalau saya sendiri lebih milih amannya saja dengan membeli gitar original yang pasti terjamin kualitasnya. Kebanyakan kalau luthier gitar di Indonesia banyak yang belum pro sob. So, pilihan ada di tangan kamu sendiri sob. Kalau mau ambil resiko ya beli gitar custom, kalau tak mau ambil resiko mending beli gitar ori. Silahkan dibuktikan, hehe. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  4. Gan saya mau tanya...saya ditawari gitar epiphone pro 1 tapi buatan china...kira2 bagus gak yah?? Saya bingun mau ambil yg custom hargany lbih murah....buatan solo sukoharjo...mhon bantuannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ini memang banyak yang made in china juga gitar-gitar bermerek. Tapi untuk barang yang bukan elektronik seperti gitar ini masih cukup bagus kualitasnya sob buatan China, dan itu biasanya juga pabrikan. Jadi ya boleh lah diambil kalau ngebet banget pengen punya. Tapi saya juga tidak menyarankan kalau itu bukan buatan pabrik asli. Tapi, umuumnya juga bisa jadi itu memang original cuma tempat produksinya di China Gan.

      Yang jelas pilih gitar yang pabrikan Gan. Kalau buatan Solo itu pasti handmade kan? Kalau budget nggak lebih-lebih amat dan paham suluk-buluk gitar jangan beli gitar handmade Gan. Btw ditawari harga berapa yang made in Chinanya Gan?

      Hapus
  5. Gitar akustik hand made harga 1.3 itu normal kh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normal tidaknya tergantung spesifikasinya Gan. Handmade yang bagus full solid biasanya di atas 3 juta. Untuk yang sejutaan paling dapetnya belum solid Gan. Lihat saja spesifikasi kayunya Gan. Kalau kayu yang digunakan kelas menengah atau ada kombinasi kayu kelas atas ya sangat wajar gan, meski memang belum solid.

      Hapus
  6. Bener g bro custom sama pabrik itu bedanya di dalam tabung ada motif garis bagian pinggirnya?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau menurut saya belum tentu juga bro. Soalnya sekarang ini luthier-luthier gitar juga sudah pada pandai mengakali hal-hal yang seperti demikian.

      Hapus
  7. Mohon pencerahannya gan, klo istilah 'ori Mii' itu artinya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. MII= Made in indonesia
      SI= Samick/korea

      Hapus
  8. Tapi kok perbedaan harganya sangat jauh ya mas,yang custom 2jutaan dan yang ORI 10 jutaan, mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas wajar. Dari bahan dan teknik pengerjaan memang sudah beda. Kalau custom mau dibuat semirip apapun dengan aslinya akan tetap sulit mengimbangi. Utamanya kualitas dari soundnya itu sendiri. Itu masih belum seberapa mas. Gitar Lakewood yang dipake Sungha Jung misalnya. Harganya kan puluhan bahkan sampai menyentuh seratus juta untuk yang edisi spesialnya. Kalu custom paling tiga sampai lima jutaan udah dapet bagus yang dari material full kayu.

      Hapus
  9. Gan mau tanya donk . Saya ngebet banget music man jp black . Kalo costuman lumatyan bagus gak gan. MenyesuaiSesuaikan budget soalnya gan. Trus tahan lama gak sih gan . Kalo pick up kan bisa d ganti cuman ragunya d body gitarnya gan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyakan saja dulu sama si luthier/pembuat gitarnya Sob. Kalau customan tergantung skill dari luthiernya dna penggunaan bahan dasar pembuatan gitarnya yang harus kita cermati betul.

      Hapus
  10. Thanks jadi bisa bedain gitar custom & ori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Sob. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak.

      Hapus
  11. Thanks jadi bisa bedain gitar custom & ori

    BalasHapus
  12. Gan mau tanya nih...sayya punya gitar ibanes gio..dihadstok ada stiker MMI made in china.....itu original atau palsu.???
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar ya original. Made In China, itu artinya dibuat di negara sana. Hal ini lumrah.

      Hapus
  13. Kalo beli online bagusnya beli gitar ori. Karena udah jaminan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Kalau mau custom sebisa mungkin yang dekat-dekat saja. Biar bisa cek langsung barangnya dan kalau paham malah bisa arahin sesuai keinginan kepada luthiernya.

      Hapus
  14. Gan klu gitar custom harga 275k an gmn?? *Mohon pencerahannya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau untuk jangka lama mending jangan Sob. Kecuali kalau mau buat belajar dari nol atau buat seneng-seneng aja di tongkrongan ya fine-fine aja.

      Hapus
  15. Biasa klo yg suka jual di pasaran kaya di toko toko eceran itu,costem atau ori yah kk tolong di jawab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan kalau di toko-toko kaki lima itu ya custom, atau saya lebih suka menyebutnya gitar kw.

      Hapus
  16. Gan mau nanya nih,ada salah satu toko gitar di bandung itu ada nawarin gitar custom yg kelas low 3 jutaan kelas mid 5 jutaan kelas high 8 jutaaan,itu bgus gk sih gitar nya,solanya mereka itu buat nya gk po tpi buat dari kyu yg msih menth lalu di proses smpai jdi gitar siap pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus itu. Gitar custom yang bener malah seperti itu. Bukan hanya ndomplang merk terkenal, terus bikinnya asal-asalan. Itu namanya gitar handmade, lebih bagus kalau buat merk sendiri, bukan plagiasi. Kalau pembuatannya menggunakan material kayu solid ya wajar, malah terbilang murah kalau dibanding gitar ori pabrikan.

      Hapus