Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 NAMA BAGIAN BIOLA YANG WAJIB KAMU TAHU LENGKAP DENGAN FUNGSINYA


13 NAMA BAGIAN BIOLA YANG WAJIB KAMU TAHU LENGKAP DENGAN FUNGSINYA

Sebagai pengetahuan yang paling dasar bagi Kamu yang baru belajar biola. Ada baiknya Kamu mengenal nama-nama bagian biola. Ingat kata pepatah “tak kenal maka tak sayang” Maka dari itu, simak ulasan nama-nama bagian biola beserta fungsinya di bawah ini

1. Kepala (Head)

Pada bagian kepala terdapat pasak dan kota pasak. Pasak berfungsi untuk menyetem biola. Pada saat baru pertama kali membeli biola, Kamu harus menyetemnya dengan menggunakan pasak.

2. Kotak pasak

Kotak pasak adalah tempat menyimpan pasak yang jumlahnya empat pada biola biasa (klasik), dan enam pada biola listrik.

3. Pasak

Bagian ini sudah dijelaskan pada head, berfungsi untuk menyetem biola. Penyeteman pada pasak adalah penyeteman nada yang kadar / pengaruhnya paling besar. Hampir sama dengan tuning peg yang terdapat pada gitar

4. Leher (Neck)

Sama seperti pada gitar, leher / neck berfungsi untuk pegangan atau tungkluan tangan ketika memainkan biola. Pada bagian ini terdapat fingerboard (papan jari) dan saddle (pengganjal) di ujungnya.

5. Saddle

Berfungsi untuk menaikkan / mengganjal senar agar tidak menyentuh papan hitam (fingerboard).

6. Fingerboard (Papan Jari)

Bagian ini adalah bagian dimana tempat jari-jari kita mencari nada biola.

7. Senar

Tak perlu dijelaskan lagi. Senar pada biola berjumlah empat (biola klasik) dan enam (biola listrik). Untuk nadanya yaitu G-D-A-E (dari senar satu / yang paling bawah)

8. Lekukan C

Berfungsi untuk memberikan ruang gerak yang banyak saat kita menggesekkan bow (busur) pada senar, sehingga memudahkan kita untuk lebih leluasa.

9. Lubang F

Tak hanya sekedar hiasan untuk mempercantik biola, pada bagian inilah terjadi pertukaran udara sehingga menghasilkan nada yang indah.

10. Bridge

Berfungsi hampir sama dengan saddle. Di samping itu, bridge juga berfungsi menghubungkan antara ekor dengan saddle, agar senar tidak menyentuh fingerboard.

11. Ekor

Berfungsi untuk menahan senar. Pada bagian ini juga memiliki tali peg, yaitu tali pada ekor untuk berpegangan (terhubung) ke badan biola

12. Penyangga dagu (Shoulder Rest)

Pada bagian inilah tempat kita menyandarkan dagu ketika memainkan biola. Bagi pemula yang baru belajar, kebiasaan menyanndarkan dagu pada penyangga dagu terkadang membuat bahu dan leher terasa sakit.

13. Fence Tuning

Fungsinya hampir sama dengan pasak, tetapi lebih kepada steman kecil, yaitu menaikkan steman senar dengan kadar kecil . Bagian ini bebas dipasang atau tidak. Kebanyakan para pebiola / violinis hanya memasang satu, karena cukup berat.

Namun tak ada salahnya bila Kamu memasangnya. Menyetem dengan fence tuning relatif lebih cepat dan mudah. Di samping itu, menurut saya juga membuat biola terlihat lebih cantik dan menarik.

Nah, itulah 13 bagian biola yang wajib Kamu ketahui. Selain wajib mengetahui bagian-bagian dari tubuh biola, Kamu juga wajib mengetahui bagian-bagian dari bow (busur) biola. Untuk mengenal bagian-bagian bow beserta fungsinya bisa Kamu baca di sini

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "13 NAMA BAGIAN BIOLA YANG WAJIB KAMU TAHU LENGKAP DENGAN FUNGSINYA"