Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENCIPTAKAN LIRIK LAGU YANG BERKUALITAS




Bicara tentang lagu pasti identik dengan lirik. Lirik lagu adalah bagian terpenting dalam sebuah lagu yang bisa mengemukakan keseluruhan isi lagu dengan jelas. Lirik lagu yang baik selain harus "pas" dengan nadanya juga harus berkualitas dan mempunyai nilai tersendiri.

Nilai disini yang penulis maksud yaitu pesan yang disampaikan seorang pencipta lagu. Pesan tersebut disampaikan melalui rangkaian lirik yang akan dibuat. Susunan lirik tersebut haruslah indah dan sarat akan makna.

Lirik yang berkualitas juga akan meningkatkan keindahan lagu yang dibuat. Selain itu tentunya juga akan mendobrak kepopuleritasan dari lagu. Apalagi penciptaan lirik yang “fenomenal” akan mudah untuk menjadi viral sehingga mampu bersaing di pasaran.

Pernah mendengar karya-karya lagu dari musisi papan atas ternama seperti Iwan Fals? Lagu yang ia ciptakan selalu mengundang penasaran banyak orang dan acap kali mengundang kontroversi kala itu. Bagaimana tidak, lagu ciptaanya seringkali menyindir suatu kelompok, orang, maupun pemerintahan sekalipun.

Beberapa lagu ciptaannya seperti: Bongkar dan Bento pernah menjadi viral dan penuh kontroversi. Bahkan Iwan Fals juga pernah dipenjarakan karena lagu-lagu ciptaannya yang dinilai terlalu mengkritisi pemerintah dan dinilai menghina pemerintah dan beberapa pihak tertentu.

Nah, lagu yang sedemikian itu justru yang mampu mengundang ketertarikan dari banyak orang. Lagu yang lugas dan istilahnya “berani” malah menjadi bahan perdebatan dan perhatian khalayak.

Selain itu, kita bisa tahu sendiri, iringan musik yang digunakan untuk lagu-lagu tersebut juga tidaklah “istimewa”, bahkan cenderung sederhana. Bila kita dengarkan baik-baik contoh lagu di atas, kita seperti mendengarkan seorang penyair yang sedang membacakan pusinya, atau bisa juga dikatakan “musikalisasi puisi”.

Namun demikian, kekuatan lagu yang lebih tertumpu pada lirik juga memiliki power yang sangat kuat sehingga mudah mengundang ketertarikan banyak orang. Apalagi bagi mereka yang suka mendengarkan musik yang benar-benar berkelas dari sudut pandang bahasa dan nilai moralnya.

Oke mari kita lanjutkan.

Fokus kita disini adalah menciptakan lirik lagu yang benar-benar berkualitas. Maka dari itu, jangan terburu-buru untuk menciptakan nada pengiringnya terlebih dahulu. Perlu penulis tekankan, Jangan memaksakan syair harus mengikuti nada, nadalah yang harus menyesuaikan lirik! Itulah mindset awal yang yang harus kita tanamkan dalam diri kita.

Baiklah, daripada terlalu lama bertele-tele lebih baik langsung Kamu simak saja urutan langkah-langkah dalam menciptakan lirik yang berkualitas.

1. Lakukan riset sederhana

Hal pertama yang wajib Kamu lakukan adalah melakukan beberapa penelitian sederhana. Ya, istilahnya riset kecili-kecilan lah.

Penelitian disini bertujuan agar Kamu bisa lebih leluasa menentukan topik atau tema yang paling tepat untuk Kamu kembangkan menjadi lirik. Kamu harus punya gagasan pokok yang benar-benar kuat untuk Kamu jadikan acuan untuk mengembangkan lirik.

Kamu bisa mengambil tema yang telah menjadi viral, atau hal-hal dan peristiwa yang sedang “booming” di masyarakat. Akan lebih baik lagi jika yang Kamu jadikan tema adalah peristiwa yang telah Kamu alami sendiri, alias pengalaman pribadi.

Menciptakan lagu dari pengalaman pribadi akan lebih mudah dan umumnya lebih berkualitas ketimbang yang hanya berdasarkan imajinasi semata. Di samping itu, “ruh” dan penjiwaan dari lagu yang diciptakan akan lebih kentara.

2. Menentukan judul

Setelah Kamu menentukan tema lagu yang akan Kamu buat, langkah selanjutnya yaitu menentukan judul. Pada tahapan ini sebenarnya adalah opsional. Bahkan Kamu juga bisa menempatkannya pada langkah terakhir.

Akan tetapi menurut penulis pribadi akan lebih baik menentukan judul terlebih dahulu sebelum menuju langkah berikutnya. Penentuan judul terlebih dulu juga bisa membantu Kamu untuk lebih fokus dalam mengembangkan syair-per-syair yang akan Kamu tuliskan.

3. Membuat Reff terlebih dahulu

Pada tahap ketiga ini Kamu bisa mulai membuat lirik untuk bagian reff atau bagian chorus dulu bila Kamu menghendaki untuk tidak menyertakan bagian reff.

Mengapa membuat reff dulu? Kenapa tidak bait pembuka atau bait penutup dulu? Karena bagian ini yang merupakan bagian inti atau yang ditunggu-tunggu dari sebuah lagu.

Dengan membuat reff atau chorus terlebih dahulu berarti Kamu sudah mencuri satu poin terpenting dari aktivitas menciptakan lagu itu sendiri. Di samping itu, Kamu juga akan lebih mudah mengembangkan lirik atau syair berikutnya setelah Kamu membuat bagian pokok atau intinya terlebih dahulu.

4. Membuat lirik secara utuh

Setelah menciptakan lirik bagian reff, kini saatnya Kamu mulai mengembangkan ke bagian-bagian lain seperti; verse, bridge, ending, dll, untuk menciptakan sebuah lagu yang utuh. Untuk komponen atau bagian dari lagu itu sendiri bisa Kamu baca di sini.

Pada tahap ini Kamu akan mulai berpikir lebih keras lagi untuk membuat lirik lagu yang pas dan sesuai dengan bagian reff atu chorus yang telah Kamu buat sebelumnya. Pada prinsipnya, tahap ini memang merupakan pengembangan gagasan, alias penceritaan secara utuh dari lirik reff yang telah Kamu buat.

Buatlah lirik yang logis dan runtut sehingga penceritaan dari lagu enak didengar dan dirasakan. Sebisa mungkin sertakan pesan-pesan yang benar-benar mendalam dan menyentuh agar lagu yang Kamu buat menjadi lebih berbobot.

Gunakan kalimat atau kata yang efektif namun tak terlalu baku agar bisa dengan mudah dipahami oleh pendengar. Jangan pula membuat lirik yang berulang-ulang dan terlalu simpel. Setidaknya batasi maksimal hanya ada pengulangan satu kali dari lirik per bait maupun per baris.

5. Menyempurnakan Lagu

Inilah tahap finishing (penyelesaian) dalam menciptakan lagu. Setelah semua lirik bagian demi bagian telah berhasil Kamu buat, saatnya Kamu merangkainya menjadi sebuah lagu yang utuh dan siap ditambahkan aransemen.

Setelah Kamu berhasil menyusun semua lirik yang telah Kamu buat secara padu, jangan lupa untuk mengeceknya kembali. Barangkali ada kata-kata yang masih rancu atau kurang tepat.

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Cara Termudah Menciptakan Lagu Sendiri
















2 komentar untuk "CARA MENCIPTAKAN LIRIK LAGU YANG BERKUALITAS"

  1. Bener banget, yang namanya menciptakan lagu tentu butuh beberapa tahapan agar lagu tersebut berkualitas. Namun sekarang ini banyak banget lagu2 yang kualitasnya kurang, kebanyakan masalahnya ada di lirik lagu yang tidak dapat memberikan makna tertentu. Bahkan sampe ada lagu yang liriknya cuma omong kosong.
    Hehehe... Bukan maksudnya menjudge tapi cuma mengeluarkan pendapat yang ada dipikiran ane aja
    #SalamBlogWalkerYangSedangMembentukJatiDiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas. Sekarang ini para pencipta lagu cenderung mengutamakan iringan musiknya sementara mengabaikan makna atau pesan dari lagunya. Bahkan sekarang ini lagu-lagu yang istilahnya "jorok" kerap diciptakan. Menurut saya pribadi lagu yang sedemikian itu malah merusak citra musik. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus