Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 KESALAHAN FATAL DALAM BELAJAR GITAR


12 KESALAHAN FATAL DALAM BELAJAR GITAR

Dalam belajar gitar baik sadar maupun tak sadar ada beberapa kesalahan yang sangat fatal yang kerap dilakukan oleh para pemula. Nah, kesalahan itu meski terlihat sepele akan sangat mempengaruhi perkembangan belajar gitar sobat semua. Berikut akan penulis paparkan beberapa kesalahan tersebut.

1. Tidak memiliki motivasi yang kuat

Setiap orang butuh motivasi dalam belajar, benar bukan? Jika Kamu tak memiliki motivasi kuat untuk bisa, bagaimana mungkin Kamu akan semangat belajar. Sebaiknya mulai sekarang pikirkanlah suatu hal yang bisa memotivasi Kamu, agar bisa bermain gitar. Entah itu karena cinta, gaya, maupun yang lainnya. Pikirkanlah sekarang juga, dan jadikan itu sebagai motivasimu!

2. Tidak Percaya Diri

Kepercayaan diri adalah suatu hal mutlak yang wajib Kamu miliki jika ingin bisa bermain gitar. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, Kamu tidak akan malu bila permainanmu salah, justru Kamu akan termotivasi untuk bisa bermain gitar dengan baik dan benar.

Baca: Cara Paling Mujarab Atasi Demam Panggung

3. Tidak Memiliki Gitar

Kedengarannya cukup aneh dan lucu. Bagaimana bisa kita ingin menguasai sesuatu tanpa mau modal dan usaha. Namanya saja belajar gitar, pastilah kita harus memiliki gitar. Meski banyak orang di luar sana yang bilang bahwa mereka bisa bermain gitar tanpa memiliki gitar, namun apakah Kamu yakin permainan mereka sudah bagus.

Hal itu mungkin saja terjadi, tetapi jelas akan memakan waktu yang lebih lama. Toh, seberapa mahal harga gitar sekarang ini. Hanya dengan uang ratusan ribupun Kamu sudah bisa membeli gitar dengan berbagai macam pilihan yang variatif.

4. Tidak Memiliki Referensi Yang Memadai

Bila ingin bisa bermain gitar, Kamu harus mencari referensi belajar yang banyak. Semua itu bisa Kamu dapatkan dengan mudah. Kamu bisa membeli buku-buku gitar, tanya teman, atau bahkan mencarinya di internet.

5. Tidak Paham Konsep Tangga Nada (Dasar)

Dalam belajar gitar maupun alat musik lainnya, ada suatu aturan atau pakem yang disebut dengan tangga nada. Tangga nada adalah suatu komposisi nada yang disusun secara berjenjang yang terdiri atas delapan tingkatan.

Sedangkan tangga nada dasar yang penulis maksud yaitu tangga nada yang nada dasarnya C atau nada pertamanya (do) ada di C. Pada tangga nada dasar tersebut tidak akan ditemukan nada kres maupun mol. Setidaknya pahami dulu konsepnya, sehingga tidak akan ada kebingungan nantinya.

6. Tidak Sabaran

Belajar sesuatu itu membutuhkan kesabaran, begitupun dalam belajar gitar. Jangan berharap Kamu akan bisa bermain gitar, jika Kamu tak sabaran. Walau awalnya terasa sulit, cobalah untuk bersabar dan yakin bahwa Kamu pasti bisa.

7. Gampang Emosian

Hal ini adalah ujung atau akhir dari kesabaran yang rendah. Jika Kamu sudah tak sabaran dan akhirnya emosian, itu akan merusak kegiatan belajarmu. Imbasnya, belajar gitar yang seharusnya menyenangkan justru menjadi sesuatu yang memberatkan.

8. Belajar Dadakan

Yang penulis maksud belajar dadakan yaitu kegiatan belajar yang hanya pada waktu tertentu saja. Misalnya belajar gitar hanya saat sedang galau, sedang bahagia, atau sedang ngetrend di pergaulan. Cara belajar seperti ini juga bisa disebut belajar musiman. Cara belajar yang seperti inilah yang merupakan kesalahan fatal dalam belajar gitar.

9. Jam Terbang Kurang

Kalau Kamu ingin bisa bermain gitar maka sering-seringlah berlatih. Jangan malas untuk belajar dan selalu mempraktekkan apa yang Kamu pelajari dengan rutin. Setidaknya, buatlah jadwal rutin untuk berlatih setiap hari, dengan begitu semua materi akan mudah Kamu ingat.

10. Malas Mempelajari Chord

Chord adalah salah satu komponen terpenting dalam bermain gitar. Chord merupakan kumpulan dari tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Tak perlu mempelajari chord-chord yang rumit dahulu. Sementara pelajari dulu bentuk-bentuk chord dasar yang mudah untuk dimainkan. Jangan malas mempelajarinya, terus belajar berlatih dan praktekan apa yang Kamu lihat dan apa yang telah Kamu pelajari.

Baca: Rumus Dasar Pembentukan Chord atau Akor

11. Tidak Mau Berdoa

Jika semua usaha telah Kamu lakukan dan masih saja gagal, mungkin Kamu dari awal tidak mau berdoa pada Sang Pencipta. Doa itu sangatlah penting. Kamu lihat banyak orang biasa-biasa saja dapat menjadi orang hebat, karena kegigihan juga semangatnya serta doa-doa yang selalu mereka panjatkan untuk Tuhan Yang Maha Kuasa.

12. Tidak Mau Bisa

Jika semua cara di atas telah Kamu ketahui dan coba praktekan tapi kamu masih tidak bisa juga. Pasti ada yang salah dari diri kamu sendiri. Intinya yaitu, kamu tidak mau bisa!

Nah, itulah dua belas kesalahan fatal dalam belajar gitar. Mungkin salah satunya ada pada dirimu, jika benar mulai sekarang rubah kebiasaan atau pemikiran itu. Agar Kamu bisa belajar dengan cepat dan akhirnya bisa bermain gitar dengan baik dan benar.

Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "12 KESALAHAN FATAL DALAM BELAJAR GITAR"