Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 FAKTA MENARIK SEPUTAR ALIP BA TA YANG JARANG DIKETAHUI ORANG


ALIP BA TA, FAKTA MENARIK ALIP BA TA
Alip Ba Ta fingerstyle

Alip Ba Ta. Siapa yang tak kenal dengan gitaris fenomenal asal Ponorogo satu ini? Pria yang bernama asli Alif Gustakhiyat ini dikenal dunia lewat kejeniusan permainan gitarnya yang ia bagikan di youtube. Namun, siapa sangka, ada fakta-fakta menarik yang banyak orang belum tahu seputar Alip Ba Ta. Berikut ini adalah fakta unik dan menarik seputar Alip Ba Ta.
 
1. Alip adalah anak OI 

Jauh sebelum ketenaran Alip Ba Ta di dunia maya, yang mana sampai artikel ini dibuat, jumlah subscriber-nya sudah mencapai tiga juta, siapa sangka, dulu ia bukan bermain fingerstyle. Ya, di awal channel youtubenya dulu, Alip membagikan video aksinya bermain giat sambil bernyanyi. Yang mana sebagian besar adalah lagu-lagu dari musisi legendaris tanah air kebanggan kita, Virgiawan Listianto, alias Iwan Fals. 

Lagu-lagu Bang Iwan seperti Galang Rambu Anarki, Ambulance Zigzag, Ibu, Doa Pengobral Dosa, Sore Tugu Pancoran, Tolong Dengar Tuhan, dan masih banyak lagi pernah dibawaknnya bukan dengan teknik solo gitar a.k.a fingerstyle, melainkan dengan bermain gitar iringan reguler sambil ia bernyanyi. Bahkan di beberapa videonya dulu juga sambil ia memainkan harmonika. Menarik bukan? 

2. Alip Ba Ta anak 80-an 

Mungkin banyak juga yang belum tahu kalau Alip Ba Ta ini sebenarnya masih sangat muda untuk ukuran talentanya yang begitu luar biasa. Alip Ba Ta adalah gitaris generasi angkatan delapan puluhan. Fakta ini terungkap lewat unggahan gitaris fingerstyle hebat asal Indonesia lainnya, Fay Ehsan, yang juga teman baik Alip, lewat unggahan video youtube terbarunya yang meng-upload percakapannya dengan Alip Ba Ta lewat chat whatsapp yang bisa kamu tonton sendiri di channel youtube Fay Ehsan. 

3. Pekerja Kasar 

Fakta ini mungkin sudah banyak dikerahui orang, apalagi bagi para alipers (julukan fans/penggemar setia Alip Ba Ta). Alip, sampai artikel ini dibuat masihlah sebagai pekerja proyek, ia bekerja sebagai operator forklift (alat berat) di salah satu perusahaan ternama di Jakarta Timur. Sebelumnya Alip juga terpantau pernah bekerja sebagai sopir.

4. Dikagumi Musisi Dunia

Alip Ba Ta lewat aksi permainan gitar memukaunya yang diunggah di channel youtube-nya, membuatnya menarik perhatian dari berbagai kalangan dari berbagai penjuru dunia. Tak terkecuali musisi-musisi hebat dunia. Beberapa di antaranya yang paling menonjol adalah video permainan fingerstyle Alip Ba Ta yang memainkan lagu Dear God pernah dikometari langsung oleh Synyster Gates. Ia mengungkapkan begitu mengagumi permainan gitar Alip Ba Ta. 

Brian May, gitaris top dunia personil band legendaris asal Inggris, Queen, juga sangat mengagumi permaian gitar Alip Ba Ta . Bahkan Brian May juga terang-terangan memuji Alip Ba Ta dan membagikan video permaian gitar Alip yang memainkan lagu "Love of My Life" dan "Bohemian Rhapsody" di akun official resmi Queen. Luar biasa bukan?

5. Banyak Mendapat Tawaran Tampil dan Berkolaborasi

Fakta menarik ini memang sudah cukup lama santer terdengar, Alip Ba Ta dikenal sebagai sosok gitaris yang sederhana, tidak suka dipuji-puji dan mendapat ketenaran. Banyak musisi hebat yang bahkan terang-terangan mengundangnya berkolaborasi bahkan tampil di tivi. Nama musisi sekaligus kompser hebat sekaliber Addie M.S. mengaku sangat mengagumi Alip dan ingin mengajaknya berkolaborasi. 

Anji, penyanyi top tanah air yang juga mantan personil Drive, bahkan juga pernah membuat video khusus tentang percakapan dan kontaknya dengan Alip Ba Ta yang ingin mengundangnya ke channel youtube-nya untuk berkolaborasi bersama. Satu kata yang selalu diiingat, Anji di video yang bertemakan klarifikasi mengundang Alip Ba Ta dan tentang hak komersial karya-karaya Alip, mengungkapkan: "Saya dengan peralatan yang lengkap dan studio yang bagus seperti ini saja tidak bisa bermain gitar seperti Mas Alip". 

Beberapa media dan stasiun televisi juga sudah banyak yang mengajukan tawaran kepada Alip untuk tampil dalam sebuah acara dan bahkan sebuah live show. Namun sayangnya sampai sekarang hal itu belum pernah terjadi. 

6. Berawal dari Grup Facebook

Alip sebelum terkenal di youtube channel, ia sudah terlebih dahulu dikenal di grup facebook "Indonesian Fingerstyle Guitar Community". Dahulu, Alip pada awalnya kerap kali men-share video aksi permainan gitarnya di grup tersebut. Bahkan tak jarang ia juga membagikan video-video tutorial gitar dengan bahasa dan penjelasan sederhananya. 

Berangkat dari sanalah, Alip dimotivasi oleh anggota-anggota grup yang merasa kalau Alip Ba Ta ini punya potensi yang besar di dunia pergitaran tanah air. Akhirnya Alip semangat untuk membangun channel youtube-nya yang pada mulanya dinamai "Alip Njancuki". 

Berawal dari ratusan subscriber hingga merangkak naik menjadi seribu, dua ribu, lima ribu, selama berbulan-bulan, hingga salah satu video permainan gitarnya yang meng-cover lagu dari Wali yang berjudul "Yank" viral dan banyak di-share di sosial media bahkan sampai negeri seberang Malaysia. Akhirnya channel Alip perlahan naik dan terus berkembang pesat hingga sekarang mencapai tiga juta subscriber. 

7. Jago Bernyanyi

Alip Ba Ta selain jago bermain gitar fingerstyle, ia juga cukup handal dalam bernyanyi. Bahkan dahulu ketika jumlah subscsriber-nya kurang dari lima ribuan, ia sering meng-cover lagu-lagu Iwan Fals dengan sambil ia bernyanyi langsung dan mengiringi lagunya dengan gitarnya sendiri dengan sangat tenang namun elegan. 

Nah, itu dia ketujuh fakta menarik seputar Alip Ba Ta yang mungkin kalian belum tahu. Untuk fakta-fakta menarik selanjutnya seputar Alip Ba Ta, gitaris kebanggan tanah air kita akan kita bahasa di part selanjutnya. 

Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "7 FAKTA MENARIK SEPUTAR ALIP BA TA YANG JARANG DIKETAHUI ORANG"