Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR FINGERSTYLE DARI TABLATURE, SALAH ATAU BENAR?


Fingerstyle, Tablature Gitar, Belajar Bermain Fingerstyle
source: Wikimedia Commons

Headline: Belajar Fingerstyle dari Tab Gitar, Salah atau Benar?

     Seiring dengan perkembangan zaman, di era teknologi yang semakin maju ini, banyak alternatif yang bisa kita tempuh dalam belajar gitar. Belajar gitar tak hanya bisa dilakukan di rumah lewat buku-buku musik, les gitar, atau belajar pada guru gitar yang memang ahli di bidangnya. Sekarang semuanya dipermudah berkat digitalisasi yang sangat pesat. Belajar gitar bisa dilakukan secara otodidak di mana pun dan kapan pun dengan mencari materi belajar di internet, baik yang berbayar maupun yang gratisan, berteberan di internet. 

     Nah, salah satu fokus pembahasan penulis kali ini adalah soal belajar gitar teknik fingerstyle. Bagi sobat sekalian yang sudah mengenal atau baru mengenal gaya permainan ini, tentu, sobat tahu bermain fingerstyle tidaklah mudah. Jangankan membuat aransemennya, memainkannya saja sangatlah susah. Bahkan untuk sobat yang notabene sudah bertahun-tahun belajar gitar sekalipun. Hal ini sangat bisa dimaklumi karena menurut pandangan penulis pribadi, fingerstyle merupakan jenis permainan giatr yang paling sulit dan rumit untuk dimainkan. Levelnya bisa dibilang di atas teknik permainan gitar yang lain. Kita tidak hanya dituntut untuk bisa mengetahui chord-chord apa saja yang dimainkan, melainkan kita juga harus sanggup mencari melodi dan bass-nya. Lalu baru kita kombinasikan dalam harmonisasi nada yang seirama. 

     Menilik dari permainan fingerstyle yang memang cukup susah untuk ditaklukan para gitaris, apalagi gitaris pemula, maka jalur alternatif belajar fingerstyle pun ditempuh, yaitu cara cepat dan praktis bermain fingerstyle. Ya, apalagi akalu bukan menggunakan jalan tablature gitar. Dengan belajar memainkan fngesrtyle menggunakan tab/tablature gitar, kita tidak perlu repot-repot membuat aransemennya, kita hanya perlu memainkan aransemen yang sudah jadi. Namun demikian, meski hanya tinggal memainkan aransemen yang sudah ada, tidak semata-mata membuat memainkan fingerstylenya menjadi mudah. Yang pertama dan paling utama, sobat harus sudah bisa menguasai cara membaca tab gitar. Laly baru bisa perlahan memainkan aransemen fingerstylenya. 

     Menariknya, pertanyaannya sekarang adalah;
"Benar atau salah belajar fingerstyle dari tablature gitar?"
     Pertanyaan ini sungguh retoris. Bicara soal benar dan salah, dalam musik, 'kebenaran' dan 'kesalahan' itu  relatif. Tidak bisa dipandang hanya dari satu sisi. Mengabaikan sisi yang lainnya. Musik bukanlah ilmu pasti seperti matematika yang ditentukan rumus, khsusunya dari cara belajarnya sendiri. Setiap orang memiliki prespektif masing-masing. 

     Baiklah, sekarang kita bahas 'benar' dan 'salah'-nya. 

Prespektif Benar dan Salah dalam Belajar Fingerstyle Menggunakan Tablature Gitar

- Pandangan Benar

     Dalam belajar fingerstyle menggunakan tab gitar, hal ini bisa dibenarkan. Dengan catatan tidak menjadi ketergantungan. Hanya sebagai permulaan, pijakan awal, untuk belajar bermain fingerstyle yang sesungguhnya. Atau kalau tidak bisa dikatakan demikian, anggap saja sebagai perkenalan atau permulaan mengenal fingerstyle dan bagaimana cara memainkannya. Mencoba mendalami, memahami, dan menghayati karakter permainan ini. 

- Pandangan Salah

     Yang menjadi instrumen salah pada cara belajar fingesrtyle menggunakan tab gitar yaitu kesalahan para gitaris pemula yang keseringan meniru, atau dengan lain kata hanya memainkan aransemen-aransemen yang sudah jadi. Engan mencari, mengulik sendiri sebagai bentuk apresiasi terhadap suatu lagu yang akan digarapa ke dalam bentuk aransemen fingerstyle. Akibatnya, gitaris seperti ini akan KETERGANTUNGAN PADA TAB!!! Otomatis ini menjadikan insting bermain gitar seorang gitaris menjadi payah. Naluri mencerna nada-nada menjadi stack, tidak berkembang. Kasaannya, naluri kita dalam bermain gitar menjadi  mati. Pitching kita nol. 

     Nah, itulah yang wajib dihindari para gitaris yang ingin lebih mendalami permainan fingerstyle. Sesekali memakai tab itu boleh, tapi jangan biarkan naluri kita mati. Jangan biarkan diri kita ketergantungan pada tab!

    Itu dia artikel singkat yang bisa penulis bagi pada sesi serba-serbi kali ini. Semoga sobat pembaca setia zab bisa mengerti dan memahami. Penulis doakan, semoga sobat pembaca bisa menjadi gitaris fingerstyle yang mahir dan punya skill yang mumpuni.

Semoga bermanfaat.



     

2 komentar untuk "BELAJAR FINGERSTYLE DARI TABLATURE, SALAH ATAU BENAR?"