Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting dan Tidaknya Membaca Buku Musik


BUKU MUSIK, PENTINGNYA MEMBACA, MEMBACA BUKU MUSIK
source: pxhere.com

Halo sobat setia zab, apa kabar? Semoga sehat selalau dan kabar baik untuk semua sobat setia pembaca zab. Sudah cukup lama rasanya penulis tidak menyapa sobat. Nah, pada kesempatan kali ini,  kita akan membahas sebuah topik yang cukup menarik. Masih tentang musik, khususnya belajar alat musik. 

Mungkin bagi sobat yang sudah pro atau master dirasa sudah tidak perlu lagi membaca artikel seperti ini. 

Membaca Buku Musik: Seberapa Penting?


Apa itu? Membaca buku untuk belajar musik? Belajar memainkan alat musik? Ah sudah kuno, sudah tidak perlu lagi. 
Ya, itu sah-sah saja kalau sobat sekalian merasa sudah bisa dan punya skill mumpuni. Tapi yang perlu penulis garis bawahi, bahwa belajar itu tidak ada batasnya. Sepanjang hidup kita sejatinya terus belajar dan butuh itu. Memang sudah kodratnya kita sebagai manusia yang dibekali akal dan pikiran oleh Tuhan Semesta Alam.  

Bila sudah mahir tentu masih ada materi banyak yang bisa kita pelajari untuk menambah wawasan sekaligus mempertajam skill kita. Yah, tapi mau bagaimana lagi semua tergantung niat dan kemauan kita masing masing. 

Minat belajar kita dan minat untuk membaca kita. Apalagi sobat tahu sendiri bahwa kita hidup di negara yang termasuk ke dalam kategori negara dengan minat baca paling rendah di dunia. Benar begitu bukan? Coba tanya pada hati kecil sobat masing-masing. 

Pentingnya Teori dalam Bermusik


Kembali lagi ke topik pembahasan utama kita. 
Perlukah membaca buku tentang musik atau buku-buku tentang tutorial belajar alat musik? 
Nah, khususnya buat kita yang masih pemula. Buat sobat yang ingin  bisa memainkan alat musik tertentu atau memahami tentang teori musik itu sendiri. Juga buat sobat yang bersekolah di bidang seni musik untuk memperdalam materi dan memperluas wawasan tentang musik. 

Nah, tiba pada pendapat penulis pribadi apabila ditanyai perlu atau tidak. Maka penulis dengan lantang akan menjawab sangat perlu. Bahkan seorang yang sudah mahir sekalipun. Seperti musisi-musisi ternama atau guru-guru musik yang mungkin saja juga mengajar sobat.

Mereka akan senantiasa mencari ilmu-ilmu baru yang diperoleh dari membaca buku. Bisa itu mempelajari alat-alat musik baru, teori-teori musik dan lain sebagainya. Atau bila bagi sobat yang ingin fokus pada satu alat musik tertentu, maka sobat bisa mendalami lagi dengan membaca buku-buku baru. 

Bisa tentang variasi genre musik atau teori-teori baru seperti bermacam-macam skala atau tangga nada yang diperkirakan jumlahnya ribuan di seluruh dunia, baik yang sudah tercatat dan dikenal luas atau yang belum. Apalagi bila sobat yang masih awam sekali dan ingin mempelajari alat musik tertentu akan sangat dianjurkan untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. 

Selain untuk memperluas pengetahuan, juga akan menjadi bahan referensi untuk evaluasi pembelajaran sobat. Bila sobat memiliki guru pribadi, mengikuti kelas musik, ataupun belajar otodidak sekalipun. 

Maka dari itu, kesimpulan pada artikel kali ini adalah membaca dan membaca. Jangan pernah bosan untuk membaca, karena membaca adalah jendela pengetahun yang sangat besar dan luas. Selamat membaca.


Semoga bermanfaat.

  






Posting Komentar untuk "Penting dan Tidaknya Membaca Buku Musik"