Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW SINGKAT ALICE PICK (THUMB PICK)

THUMB PICK GITAR, ALICE, REVIEW ALICE PICK GITAR
source: flickr.com
Thumb pick. Ya, siapa yang tak tahu apa itu thumb pick? Bagi sobat para fingerstylis atau sobat yang suka menyaksikan permainan dengan gaya fingerstyle tentu sudah tak asing lagi dengan istilah yang satu ini. 

Thumb pick merupkan keluarga fingerpick. Bisa dikatakan dia itu sebagai ibunya atau pentolannya fingerpick. Fingerpick merupakan pick yang didesain untuk langsung dipasangkan pada jari-jari tangan kanan kita (bagi yang tidak kidal) yang kita gunakan untuk memetik senar gitar secara langsung. 

Nah, jangan-jangan sobat belum paham betul arti dari pick itu sendiri. Baik, pick gitar merupakan alat bantu bermain gitar yang berfungsi untuk membantu kita memetik gitar sehingga jari-jari kita tidak perlu bersentuhan langsung dengan dawai gitar. 

Terkhususkan fingerpick sendiri dirancang untuk memetik senar gitar. Ya, maksudnya benar-benar memetik, bukan strumming untuk bermain musik-musik seperti dangdut atau reggae misalnya. Maka dari itu, fingerpick itu ada empat buah. Dipasangkan pada jari manis, jari tengah, jari telunjuk, dan ibu jari yang kita kenal dengan thumb pick. 

Nah, kali ini penulis akan me-review singkat salah satu produk thumb pick bermerek yang pernah penulis beli yang sudah terkenal dan laris di pasar luar negeri maupun dalam negeri. Apalagi kalau bukan Alice Pick. Langsung saja, ini dia ulasannya.

Review Thumb Pick Alaska Pick

Thumb pick merek alice adalah brand yang sudah lama di pasar gitar dunia. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dan, tulisan ini murni penulis buat berdasarkan pengalaman pribadi selama pemakaian produknya, bukan dengan maksud promosi atau malah menjatuhkan. Ya, karena memang tidak ada yang bisa dijatuhkan dari produk ini. Overall mantap thuimb picknya. 

Thumb pick alice terdiri dari beragam warna dan motif yang cukup variatif. Ada putih, kuning emas, coklat, merah, pink, dan lain-lain. Kala itu pilihan hati penulis jatuh pada yang berwarna puih. Waktu itu penulis membelinya di salah satu toko musik ternama di Semarang. Harganya 16.000. Cukup murah untuk ukuran benda mini yang besar manfaatnya. 

Bahannya memang bukan seistimewa thumb pick mahal seperti alaska pick yang sudah sangat terkenal itu. Bahannya hanya bermaterialkan palstik, walaupun sekilas terkesan begitu. Thumb pick-nya sangat enteng dan justru itu malah sangat nyaman di tangan, tidak berat dan membuat tangan cepat pegal karena tidak dirancang dari material logam dan sejenisnya. 

Waktu dikenakan di ibu jari sendiri sangat nyaman dan cukup mudah untuk difungsikan sebagai mana mestinya untuk memetik dawai gitar. Suara yang dihasilkan pun sangat renyah karena kita tidak lagi  mengandalkan ujung kuku-kuku kita dalam memetik gitar. 

Barangnya cukup awet dan ukurannya fleksibel atau all size. Tidak ada ukuran macam pakaaian; S, M, L, XL, dan sebagainya. Juga tidak ada ukuran layaknya sandal dan sepatu; 38, 39, 40, dan sebagainya. Jadi thumb pick ini bisa untuk semua ukuran. 

Produknya sendiri cukup fleksibel, lentur, bisa menyesuaikan dengan lingkar ibu jari penggunanya. Meski digunakan berkali-kali akan cukup awet kefleksibelannya dan produknya secara keseluruhan itu sendiri.  

Intinya kalau lingkar ibu jari tangan sobat kebesaran maka bisa menyesuaikan sendiri dan penulis rasa tidak akan over kapasitas kalau lingkar ibu jari kita aman-aman saja. Otomatis ya penggunaannya agak maju sedikit jika dibandingkan dengan lingkar jari yang lebih kecil. 

Sebenarnya yang agak kurang "pas" itu kalau lingkar ibu jari kita kekecilan. Maka, penggunaannya agak melorot, atau menjauhi sedikit dari ujung jari. Jadi, bagi sobat yang memiliki lingkar jari kecil seperti penulis ini, ada baiknya jangan meminjam-minjamkan thumb pick ini kepada teman sobat yang memiliki lingkar jari besar.

Hal seperti itu bisa membuat produknya semakin longgar alias melar. Untuk membuatnya awet memang sebenarnya produk seperti ini dirancang untuk dipakai pribadi dan tidak untuk dipinjam-pinjamkan ke orang lain. 

Nah, itu dia review singkat thumb pick merek alice. Semoga sobat menikmati proses belajar ataupun bermain fingerstylenya ya, jangan ragu untuk menggunakan thumb pik, fingerpick, atau apapun itu yang bisa membuat sobat merasa lebih nyaman memainkan gitar kesayangan. 

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Review Lengkap Gitar Yamaha CPX500II


Posting Komentar untuk "REVIEW SINGKAT ALICE PICK (THUMB PICK)"