Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TES PRAKTEK YANG AKAN KAMU HADAPI BILA DAFTAR KULIAH DI ISI

source: wikipedia.org
Siapa yang tak kenal dengan ISI (Institus Seni Indonesia)? Universitas yang terkenal melahirkan seniman-seniman hebat ini mungkin menjdai impian banyak orang yang ingin sukses di bidang seni. 
Kamu ingin menjadi seorang seniman? Ingin menjadi musisi hebat? rasanya masuk kuliah di ISI dapat menjadi pilhan yang terbaik. Salah satunya ya di ISI Yogyakarta. 

ISI Yogyakarta sendiri merupakan ISI tertua yang ada di Indonesia. Maka dari itu, pilihan program studinya juga yang paling beragam. Soal kulaitas jangan ditanya. Banyak seniman hebat lahir dari sini. Nah, langsung saja kita masuk inti artikel kali ini. Yaitu tes seperti apa yang akan sobat hadapi bila mendaftar sebagai calon mahasiswa baru ISI Yogyakarta. Langsung saja, lets cekidot. 

Tes praktek yang akan dilalui para calon maba (mahasiswa baru) ISI Yogyakarta berbeda setiap pilihan program studinya, di bawah ini adalah penjelasan singkat berkenaan dengan tes praktek PMB ISI Yogyakarta per program studinya: 

1. (Fakultas Seni Pertunjukan)

a. Jurusan Strata-1 Musik:
tes praktek bermain satu instrumen (alat musik) pilihan dengan membaca not balok (partitur) plus tes solfegio guna mengecek kebutaan nada.
b. Jurusan Strata-1 Etnomusikologi :
tes praktek bermain satu instrumen etnik pilihan dengan menampilkan satu lagu hasil aransemen sendiri yang kreatif, semisal musik pop yang dikemas dengan menggunakan gaya etnik.
c. Jurusan Strata-1 Karawitan :
tes praktek memainkan sebuah alat musik pilihan.
d. Jurusan Strata-1 Pedalangan :
tes praktek membawakan  satu cerita pendek yang didalangkan
e. Jurusan Strata-1 Seni Tari :
tes praktek membawakan satu tari tradisional pilihan sendiri, boleh membawa kaset (CD) iringan pribadi.
f. Jurusan Strata-1 Teater:
tes praktek membawakan beberapa karakter sekaligus (sedih,senang,marah, kecewa, dll) untuk diperagakan layaknya monolog.

2. FSR (Fakultas Seni Rupa)

a. Jurusan Seni Rupa Murni
– Kompetensi Strata-1 Seni Lukis :
tes praktek melukis suasana sekitar universitas dengan menggunakan cat air.
– Kompetensi Strata-1 Seni Patung:
tes praktek membuat sendiri patung wajah sendiri dengan menggunakan tanah liat.
– Kompetensi Strata-1 Seni Grafis:
tes praktek membuat karya cetak grafis minimalis (sederhana), dilarang langsung menorehkan gambar dengan menggunakan kuas, tetapi harus membuat cetakannya terlebih dahulu ataupun mal (kertas dilubangi) dulu.

b. Jurusan Kriya
– Program Studi Starata-1 Kriya:
Biasanya menggambar ornamen/motif dan menggambar rancangan sebuah produk kriya yang diberi ornamen/motif tersebut. Misalnya merancang tas yang diberi gambar ornamen, atau merancang aksesoris interior seperti lampu duduk yang diberi gambar ornamen.
– Program Studi Diploma-3 Batik&Fashion:
Biasanya menggambar ornamen/motif dan menggambar rancangan busana/fashion yang diberi ornamen/motif tersebut.

c. Jurusan Desain
– Program Studi Strata-1 Desain Interior:
tes praktek melukis perspektif sebuah ruang, semisal ruang tamu ,ruang tidur, dan lain-lain sesuai soal yang bisa berubah-ubah tiap tahunnya. Nb: alat lukisnya bebas, boleh cat air, pensil warna, dan sebagainya.
– Program Studi Strata-1 Desain Komunikasi Visual:
tes praktek  menggambar poster dengan beragam tema tertentu sesuai soal yang bisa berubah-ubah tiap tahunnya. Semisal poster lingkungan sosial tentang anti-narkoba, peduli lingkungan, atau poster komersiil tentang iklan shampoo, desain ulang profil perusahaan, dan lain-lain. Alatnya bebas, boleh cat poster, pensil warna, dan sejenisnya.

3. FSMR (Fakultas Seni Media Rekam)

a. Jurusan Strata-1 Fotografi:
tes praktek memotret suasana sekitar universitas dengan menggunakan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) yang lebih dianjurkan untuk membawa kamera sendiri.
b. Jurusan Strata-1 Televisi:
tes praktek melukis storyboard yang merupakan rancangan adegan (semisal menggambar komik) atau bisa juga membuat video dokumenter yang sederhana meliputi suasana sekitar universitas dengan handycam tanpa diedit sedikitpun, ada juga tes apresiasi karya-karya video yang nantinya diputarkan oleh pihak panitia.
c. Jurusan Diploma-3 Animasi:
tes praktek melukis karakter dan juga storyboard rancangan adegan layaknya menggambar sebuah komik.


Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "TES PRAKTEK YANG AKAN KAMU HADAPI BILA DAFTAR KULIAH DI ISI"