Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WAJIB TAHU! 25 LAGU TRADISONAL JAWA PALING POPULER

TEMBANG JAWA, LAGU TRADISIONAL JAWA, LAGU DOLANAN
source: Wikipedia
Lagu tradisional Jawa merupakan lagu warisan budaya nusantara yang wajib dilestarikan oleh kita semua penerus bangsa, utamanya bagi kita para orang Jawa. Terlebih lagi, nilai-nilai atau pesan-pesan yang terkandung di dalamnya masih sangat relevan dengan kehidupan di zaman sekarang. 

Bahkan, lagu-lagu tradisional Jawa yang merupakan warisan tradisi masyarakat pada zaman dahulu yang juga kerap dikenal sebagi tembang dolanan atau tembang anak-anak, dan sebagainya tersebut memiliki pesan moral atau ajaran yang sangat tinggi. 

Tak dapat dipungkiri, lagu-lagu tersebut ada yang merupakan ciptaan tokoh-tokoh besar pada zaman dahulu seperti seorang wali songo atau biasa juga dikenal sunan, sebagai penyebar ajaran agama islam di tanah Jawa ini. 

Nilai-nilai sosial seperti saling menghargai atau menghormati satu sama lain, kebersamaan, berbuat baik adalah bukti nilai-nilai luhur yang coba disampaikan oleh para leluhur kita, agar kita lebih baik lagi dalam mengarungi kehidupan ini. 

Nah, di bawah ini telah penulis rangkum kumpulan lagu tradisonal Jawa, lagu tembang dolanan Jawa, Lagu anak-anak Jawa yang paling populer pada masanya maupun di masa sekarang. Berikut ini adalah daftarnya: 

1. Bang-Bang Tut 
2. Bapak Pocung
3. Cublak-Cublak Suweng 
4. Dayoh 
5. Dhondong Apa Salak 
6. Gajah-Gajah 
7. Gambang suling 
8. Gek Kepriye
9. Gotri Legendri 
10. Gundul-Gundul Pacul
11. Jamuran
12. Jaranan  
13. Kidang Talun 
14. Kodok Ngorek
15. Kupu Kuwi 
16. Lir-Ilir
17. Menthok-Menthok 
18. Padhang Bulan
19. Pitik Tukung  
20. Rek Ayo Rek 
21. Siji Loro Telu 
22. Sluku-Sluku Bathok
23. Suwe Ora Jamu 
24. Tak Lelo-Lelo Ledung   
25. Te Kate Dipanah 

Nah, itu dia daftar lagu tembang dolanan Jawa, lagu tradisonal Jawa yang paling popular sepanjang masa. Unruk syair dan penafsirannya akan segera penulis upload agar kita semua bisa sama-sama belajar dan menghargai warisna budaya leluhur. 

Dengan begitu lagu-lagu tradisonal daerah Jawa tidak semakin hanyut ditenggelamkan masa dan menjadi lestari untuk selama-lamanya agar kelak anak cucu kita tetap bisa mengetahui sekaligus menyanyikan dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam lagu tersebut. 

Semoga bermanfaat. 











Posting Komentar untuk "WAJIB TAHU! 25 LAGU TRADISONAL JAWA PALING POPULER"