Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPEK DAN REVIEW KEYBOARD ROLAND E-09I

ROLAND E09I, SPEK DAN REVIEW, REVIEW KEYBOARD ROLAND
source: tokopedia
Salah satu merek keyboard yang punya citra bagus di berbagai kalangan adalah keyboard Roland. Roland adalah brand ternama yang sudah sangat akrab di telinga para pemusik, musisi, ataupun pencinta sekaligus pemain keyboard di tanah air. 

Sudah dari tahun 1990 silam Roland mampu bersaing dan mendominasi pasar keyboard di Indonesia, jauh sebelum Korg dan Yamaha mengambil alih pasar organ tunggal atau keyboard terbesar di Indonesia.

Mungkin banyak orang yang sudah tahu bahwasanya sekarang ini Roland lebih fokus terhadap Digital Piano untuk menjaga ketatnya persaingan di pasar.

Namun demikian, nama besar Roland masihlah tetap dikenal sebagai produk unggulan yang mampu menciptakan kualitas sound yang sangat baik khususnya pada piano. Tak mengherankan bahwa merek ini masih menjadi merek yang legendaris di Indonesia.

Nah, salah satu seri keyboard Roland kali ini yang akan kita review bersama adalah Roland E-09i. Berikut ini review lengkapnya:

Review Roland E-09i

Roland E-09i adalah keyboard yang diciptakan untuk kelas arranger dengan sasaran entry-level. Harganya yang cukup ramah di kantong tak membatasi kualitas sound yang dihasilkannya. Bahkan seri ini masuk ke dalam kelas satu.

E-09i adalah salah satu suksesor dari keluarga Roland E-series. Oleh karenanya, Roland E-09i dapat menjadi pilihan yang sangat tepat buat sobat yang ingin meningkatkan kemampuan sebagai seorang arranger pemula.

Sebagai informasi tambahan, dalam seri ini menyediakan dua macam varian warna, yakni hitam dan putih.

Spesifikasi dan Fitur-Fitur Keren Roland E-09i

- adanya mesin sound tanguh berkualitas kelas satu dengan dilengkapi 870 nada dan 70 drum kit; GM2 compliant

- dilengkapi 16 track recorder.

- terdapat 47 Multi-FX dilengkapi chorus dan reverb.

- mengusung sistem speaker bawaan berkinerja tingi yang dilengkapi dengan dua buah jack headphone.

- terdapat music assitants yang sangat ramah dengan adanya pengaturan One-Touch.

- memiliki gaya musik interaraktif, termasuk di dalamnya Polifoni 64 suara: Western, Middle, Eastern , dan Asia.

- Dikemas dengan desain yang sangat stylish

Review Kelebihan dan Kekurangan Roland E-09i

Kelebihan:

Memiliki desain yang menawan

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa keyboard dengan harga terjangkau bisa apa? punya desain yang bagaimana?

Sejauh ini, anggapan bahwa keyboard harga murah dengan desain yang pasti biasa-biasa saja tentu terbantahkan dengan produk yang satu ini.

Roland E-09i menjadi salah satu keyboard yang sangat mengedepankan soal desain. Didesain dengan menggunakan logo Roland yang penuh gaya dan dengan bangga menunjukkan jati diri dari keyboard seri ini.

Bentuk yang ramping dengan kesan minimalis dan sederhana yang dihias dengan aksen warna-warni mampu menunjukkan kesan elegan dari keyboard ini.

Lebih dari itu, adanya tombol yang ramah dan LCD backlit membuatnya mudah dibaca sekaligus enak dipandang. Sobat dapat memilih dua varian dari keyboard ini, yakni warna putih (E-09w) atau hitam (E-09i).

Kualitas sound yang menawan

Sudah dari dulu Roland dikenal dunia sebagai pembuat instrumen dengan karakter sound yang menawan. Dari semua produk yang telah dikeluarkannya, tak terkecuali seri E-09i ini memiliki karakter tone dari seluruh penjuru dunia yang disediakan hanya dalam satu tombol sentuhan.

Baik orkestra, modern, sampai seterusnya, setiap nada yang dihasilkan selalu dapat disesuaikan sekaligus disempurnakan dengan prosesor multi efek berkualitas yang dimilikinya.

Styles interaktif

Dengan hadirnya Roland E-09i ini, kita tidak perlu menjadi seorang keyboardis ber-skill mumpuni untuk dapat membuat aransemen musik yang hebat.

Dengan keyboard ini, semuanya bisa kita lakukan dengan hanya sekali sentuh dan sudah bisa untuk puluhan pola sekalipun yang bahkan bisa kita kendalikan dan perindah demi hasil kerja yang memuaskan. Termasuk di antaranya style bawaannya: Western, Middle, Eastern, dan Asian.

Fitur 16 Track Recorder

Dengan dilengkapinya 16-track recorder, Roland E-09i dapt menjadi sahabat baik ketika kita ingin membuat lagu ataupun aransemen musik apapun itu. 16 track perekam built-in yang terdapat pada seri ini dapat menangkap dan mengembangkan ide-ide musik yang kita miliki.

Terlebih lagi adanya fitur music assitant untuk membantu pengoperasiannya agar lebih cepat dan mudah. Sebuah fitur yang tentunya sangat berguna yang umumnya hanya dapat kita jumpai pada keyboard-keyboard kelas eksklusif.

Kekurangan:

Tidak ada.

Harga Pasaran

Dengan berbagai fitur menawan dan spesifikasi mumpuni yang diusungnya, Roland E-09i dan Roland E-09W hanya dibanderol dengan kisaran harga 5 jutaan.

Berdasarkan penelususran yang telah penulis lakukan sampai artikel ini dibuat, di toko-toko online harganya rata-rata berkisar 5,3 juta-5,8 juta. Kalau di toko-toko fisik mungkin saja bisa jadi malah lebih mahal.

Kesimpulan

Keyboard Roland E-09i sangat recomended untuk sobat miliki demi menunjang kemampuan sobat menjadi seorang arranger pada tingkat awal atau dasar.

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "SPEK DAN REVIEW KEYBOARD ROLAND E-09I"