Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PILIH BELAJAR GITAR OTODIDAK ATAU DENGAN GURU?

PILIH BELAJAR GITAR OTODIDAK ATAU DENGAN GURU
source: pixabay.com
Pokok bahasan menarik kali ini sengaja penulis angkat sebagai bahan pertimbangan bagi sobat semua yang berniat belajar alat musik, apapun itu. Baik gitar, biola, piano, dan lain sebagainya. Bagi kebanyakan orang, tentu belajar otodidak adalah menjadi suatu pilihan yang banyak diminati karena selain praktIs juga murah, alias hemat biaya,

Kita tak perlu repot-repot lagi mengeluarkan biaya lebih untuk bersekolah ataupun membayar guru untuk mengajari kita dalam memainkan alat musik. Namun demikian, bukan tanpa kekurangan, belajar secara otodidak juga memiliki resiko-resiko yang harus sobat pertimbangkan betul.

'Dimana tanpa adanya seorang guru yang akan mengarahkan dan membimbing kita untuk belajar, maka konsekuensinya kita harus lebih rajin dalam mencari materi-materi pembelajaran yang akan mendukung kemajuan kita nantinya.

Kebanyakan orang yang belajar gitar otodidak pasti mencari materinya di internet bukan? Atau di toko-toko buku sembari mencari buku tutorial atau pembelajaran yang paling sesuai. Berbeda dengan ketika kita belajar alat musik pada seseorang yang memang sudah mahir di bidangnya, yakni kita mencari seorang guru musik yang baik dan hebat.

Baik dalam artian dia juga bisa mengajarkan bagaimana caranya materi itu dapat disampaikan dengan baik, lengkap, dan jelas kepada para murid-muridnya.

Skill itu mutlak harus dimiliki oleh seorang guru musik karena percuma kalau guru itu punya kemampuan penguasaan alat musik yang hebat namun cara penyampainyannya terlalu berbelit dan susah dipahami. Pastinya, materi yang sampai di kita hanya sekian persen yang tentunya sangat sedikit dan tidak makasimal sama sekali.

Nah, di dalam artikel ini memang penulis sengaja memabahas secara umum tanpa memihak atau bermaksud mengarahkan sobat dalam menentukan pilihan cara belajar sobat masing-masing. Ataukah berguru atau belajar secara otodidak itu pilihan sobat sendiri.

Tapi, di sini penulis coba memberikan gambaran lebih mengenai kedua metode belajar alat musik yang cukup ramai diperdebatkan oleh banyak pihak.

Nah, mungkin sobat sudah mulai ada yang bertanya-tanya, "bagus mana belajar alat musik secara otodidak dengan yang belajar di sekolahan atau yang mengikuti les-les musik?"

Menjawab pertanyaan tersebut, dengan penuh keyakinan penulis menjawab lebih baguis sobat belajar pada guru musik dalam artian mengikuti sekolah musik, atau bila tidak memungkinkan ya sobat bisa mencari guru-guru les alat musik yang ingin sobat pelajari.

Sebagai referensi tambahan, penulis dapat menyimpulakan poin-poin pada kondisi seperti apa sobat bisa memilih belajar alat musik otodidak atau dengan guru.

Bila memilih belajar otodidak:

- sobat tidak punya cukup waktu untuk ke luar bersekolah musik atau mencari guru les
- sobat tidak mendapatkan restu dai orang tua
- tidak punya cukup biaya lebih untuk membayar pengajar
- sobat ingin belajar santai dan tidak ingin terburu-buru
- sobat merasa cukup berbakat dalam bidang musik dan mempunyai feeling yang bagus sehingga tidak perlu memiliki seorang guru untuk membantu
- sobat hanya ingin belajar dasar-dasarnya saja dan tidak ingin terlalu mendalami alat musik tersebut dalam artian tidak berniat menjadi seorang profesional di bidang itu

Pilihlah belajar denan seorang guru, apabila:

- sobat ingin segera cepat bisa
- sobat ingin mendapatkan materi lebih mendalam
- sobat ingin sesuatau yang lebih praktis, khususnya dari segi materi dan metode pembelajaran
- sobat mendapatkan restu dari orang tua
- sobat memiliki kemauan dan kegigihan yang kuat untuk segera maju
- sobat ingin menjadi ahli atau profesional di dalam alat musik yang ingin sobat pelajari
- sobat bercita-cita tinggi untuk bisa menjadi seorang musisi kelak
- sobat punya uang lebih dan bersedia menyisakannya untuk mebiayai pembelajaran sobat.

Nah, demikianlah sedikit gambaran mengenai pemilihan belajar alat musik secara otodidak atau dengan mengikuti les, sekolah, ataupun belajar bersama guru musik yang bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi tambahan. Semoga artikel ini bisa lebih memantapkan lagi pilihan sobat.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "PILIH BELAJAR GITAR OTODIDAK ATAU DENGAN GURU?"