Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 TIPS AMAN DAN AMPUH MEMBELI ALAT MUSIK ONLINE

alat musik, membeli alat musik
Tips Membeli Alat Musik Lewat Online


Tips Aman dan Ampuh Membeli Alat Musik Online - Jual beli online adalah hal yang sudah sangat wajar di era moderen ini. Bahkan, transaksi online tersebut mungkin saja lebih tenar ketimbang jual beli konvensional yang kita kenal dengan cara transaksi ketemuan (COD) ataupun dengan datang langsung ke toko-toko musik.

Kebanyakan orang-orang di era teknologi seperti sekarang ini malah cenderung lebih suka melakukan transaksi secara online, baik untuk berjualan maupun ketika berniat membeli suatu barang dan jasa. Selain karena lebih praktis, harga yang ditawarkan lewat situs-situs online pun memang cenderung lebih murah dan bersaing.

Hal tersebut tentunya juga dipengaruhi oleh banyaknya penjual-penjual yang menawarkan harga yang paling menarik untuk menggaet para calon pembeli yang semakin cerdas. Bahkan, tak jarang pula banyak promo yang ditawarkan. Sebut saja seperti diskon sekian persen atau free ongkir se-Indonesia.

Nah, dikarenakan maraknya praktek jual beli online tersebut, tak jarang pula banyak produsen-produsen atau penjual-penjual nakal yang berlaku curang. Maka dari itu, sebelum melakukan transaksi online, ada baiknyan sobat mengetahui hal-hal apa saja yang harus sobat perhatikan betul sebelum membeli barang online.


Tips Membeli Alat Musik Secara Online


1. Jangan mudah tergiur dengan harga murah


Poin ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Saking pentingnya, penulis meletakkannya pada poin pertama. Tak henti-hentinya pula penulis selalu mengingatkan untuk jangan mudah tergiur dengan mulut manis penjual yang menawarkan harga murah yang bisa dibilang "tidak wajar".

Katakanlah sebuah gitar yamaha APX 500II yang harga normalnya berkisar kurang lebih 2 jutaan, dan sobat mendapati penjual yang menjualnya dengan harga separuhnya dari harga normal atau bahkan lebih murah lagi.

Apabila benar demikian, sobat patut waspada. Kalau bukan barangnya yang memang bukan asli alias custom, bisa jadi itu malah hanya modus dari si penjual yang ingin menipu sobat. Yakni setelah uang ditransfer, barang yang didambakan malah tak kunjung datang. 


2. Pilih Penjual Alat Musik Terpercaya


Berikutnya sobat juga harus benar-benar selektif dalam memilih penjual, toko-toko ataupun situs jual beli online yang ada. Usahakan untuk tidak membelinya di situs-situs jual beli online yang baru atau belum memiliki review-review ataupun ulasan dari para pengunjungnya yang sudah berpengalaman bertransaksi di sana.

Banyak kok toko-toko online terpercaya yang sudah memiliki rating yang bagus. Sebut saja tokopedia, bukalapak, lazada, blibi, dan lain sebagainya.

Nah, bagi sobat yang berniat untuk tidak membelinya lewat situs-situs pihak ketiga seperti yang sudah penulis singgung di atas, sobat harus lebih ekstra waspada karena bila memebeli barang online secara langsung lewat penjual atau pemilik barangnya langsung (dalam artian bukan toko atau grosir) tentu akan lebih beresiko terjadinya penipuan.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak memebelinya di pemilik barangnya langsung (orang pribadi), bila harus begitu sebaiknya jangan beli online lebih baik ajak ketemuan saja.

3. Testimoni Alat-Alat Musik Dagangannya


Poin ini meski terlihat cukup sepele tapi juga sangat penting dalam memilih penjual online yang benar-benar terpercaya. Seperti di situs-situs yang telah penulis sebutkan tadi, umumnya pada produk yang ada dalam katalog penjualannya akan ada rating dan review dari para customernya.

Sebut saja di tokopedia, bila penjual itu terpercaya pasti akan memiliki rating bintang yang tinggi dan banyak feedback-feedback positif yang membanjiri setiap produk yang ada di dalam list penjualan mereka.

Namun demikian, sekarang ini tak jarang banyak penjual nakal yang sengaja memalsukan testimoni pelanggannya. Modusnya adalah mereka mengarang sendiri testimoni atau ulasan pembelian produknya dengan membuat beberapa akun sosmed baru dan diberi nama yang berbeda-beda.

Nah, setelah itu mereka pun mengarang indah dengan kata-kata atau kalimat-kalimat positif yang akan mendongkrak kredibiltas tokonya sendiri di mata para calon pembeli. Maka dari itu, waspadalah sob.

4. Pakailah Rekber Untuk Bertransaksi Alat Musik


Untuk menghindari kasus penipuan barang tidak dikirimkan, maka dari itu sebaiknya sobat cari amannnya saja dengan memakai jasa rekber atau pihak ketiga. Banyak kok jasa rekber-rekber yang memiliki kredibilitas yang baik, cari saja di google dengan mengetikkan keyword rekber terpercaya (Indonesia).

Bila sobat memilih untuk bertransaksi di toko-toko online seperti lazada, tokopedia, bukalapak, dan sejenisnya itu otomatis sobat tak perlu lagi repot-repot mencari jasa rekber lagi karena mereka sendiri itu sudah merupakan pihak ketiga.

Sistemnaya adalah mereka akan menampung uang sobat dan kemudian uang baru akan ditransefer ke penjual induknya setelah barang dikirimkan ke situs mereka (bukalapak, lazada, dll). Jadi, uang sobat akan tetap aman terkendali seandainya barang tidak dikirimkan oleh penjualnya.

5. Minta Garansi Alat Musik yang Kita Beli


Ketika membeli alat musik secara online, sobat juga harus memilih-milih produk yang memang bergaransi dari toko atau penjualnya. Dengan adanya jaminan garansi produk, di luar alasan jaminan servis atau ganti unit bila terjadi masalah atupun kecacatan, itu juga menandakan bahwa barang tersebut memang benar-benar memiliki kualitas yang baik.

So, carilah yang ada garansinya saja, usahakan garansi resmi, apalagi bila alat musik yang akan sobat beli adalah ori, otomatis garansi resmi itu wajib hukumnya.

6. Jangan  Ragu Untuk Bertanya Spesifikasi Alat Musiknya


Ingat kata pepatah bijak, "malu bertanya sesat di jalan." Rasanya pepatah tersebut sangatlah cocok diberlakukan juga pada saat ingin membeli alat musik online seperti ini. Dalam membeli barang online, tentu kita sadar bahwa kita tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan si penjuanya untuk bertanya-tanya lengkap dan menjajal barangnya langsung.

Maka dari itu, saat membeli barang online, jangan sungkan-sungkan utnuk bertannya sedetail mungkin terhadap produk yang akan sobat beli, tetapi tetap dengan cara yang sopan pastinya. Bila sudah begitu, apabila penjualnya itu memang ramah pasti akan menjawab setiap pertanyaan kita dengan senang hati.

Mungkin sobat juga bisa meminta sampel video dan soundnya dari alat musik yang akan sobat beli, lebih bagus lagi kalau bisa secara live dari si penjualnya sendiri. Hal tersebut akan lebih memantapkan pilihan sobat.

7. Pilih Ekspedisi Terpercaya dan Packing Bagus Untuk Alat Musik

Poin paling penting yang terakhir adalah pemilihan jasa ekspedisinya. Pihak terkahir yang akan turut andil dalam menentukan kualitas barang yang akan sobat terima adalah pihak ekspedisinya.

Dimana kejadian-kejadian seperti barang yang rusak di pengiriman, nyasar, dan beberapa masalah lainnya yang berkaitan dengan pengriman barang sudah cukup banyak terjadi sampai sekarang ini.

Bila sudah begitu, selain kita sebagai pembeli yang akan merasa dirugikan, penjual pun juga akan merasa dirugikan walaupun sebenarnya mereka sudah tidak bertanggung jawab lagi bila terjadi kerusakan pengiriman dengan catatan packing yang telah mereka lakukan sudah terstandarisasi dengan baik.

Sebagai penjual yang baik tentu mereka akan sangat menyesal dan menyayangkan bahwa barang yang sebelumnya baik saat dipacking, namun menjadi rusak atau cacat ketika sampai di tangan pembeli. Hal tersebut secara langsung maupun tidak langsung juga akan merusak kredibilitas mereka sendiri sebagai seorang penjual.

Nah, beberapa jasa ekspedisi yang sudah memiliki nama baik di Indonesia sudah cukup banyak. Sebut saja pos, jne, j&t, tiki, dan lain sebagainya sudah melayani jasa pengiriman baik ke dalam maupun ke luar negeri sekalipun dengan harga dan pelayanan yang sangat bersaing.

Nah, demikianlah tips-tips yang bisa sobat praktekan sebelum membeli alat musik secara online. Tak lupa penulis juga selalu mengingatkan. "Be a smart buyer!"


Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 TIPS AMAN DAN AMPUH MEMBELI ALAT MUSIK ONLINE"