Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 PROSPEK KERJA PALING MENJANJIKAN JURUSAN SENI MUSIK

source: flickr.com
Musik adalah salah satu bidang seni yang sangat diminati masyarakat. Mendengar kata "musik" saja, yang ada di dalam pikiran kita adalah sebuah seni yang sangat menghibur dan mengasyikkan untuk dikuasai. Baik benyanyi, memainkan alat musik, menciptakan lagu, dan segala kegiatan yang bersangkutan dengan musik memang benar-benar enjoyable.

Akan tetapi, banyak yang masih memandang sebelah mata terntang karir di dunia musik. Dalam menentukan jurusan perkuliahan misalnya, jurusan seni musik masih banyak yang menganggapnya tak menjanjikan. Padahal kita ketahui sendiri, industri musik semakin hari semakin berkembang, tak hanya di negara kita sendiri, di seluruh dunia pun juga begitu bukan?

Kebutuhan masyarakat yang semakin haus akan hiburan di tengah hingar-bingar kehidupan duniawi ini tentunya tak bisa dipungkiri menjadi salah satu alasan hiburan-hiburan seperti musik ini sangalah diminati. 

Sejatinya, musik sekarang ini bukan hanya sekedar hobi atau hiburan di waktu-waktu luang semata. Di dalam dunia musik juga sangat berpotensial untuk menambah pundi-pundi penghasilan ataupun peluang untuk menjadi pekerjaan tetap yang akan sangat menghasilkan.

Bayangkan saja bila kita bekerja dalam industri ini, kita bisa bekerja sambil menjalani hobi. Sungguh mengasyikkan bukan? Sesuatu yang didasari hobi biasanya akan membuat kita lebih nyaman dan betah berlama-lama melakukan segala aktivitas tersebut, apapun rintangannya. Kapan lagi coba? kesempatan main-main sama hobi dapet duit pula.

Nah, daripada semakin panjang lebar dan tidak karuan kemana-mana, lebih baik sobat langsung simak saja peluang kerja sebagai seorang lulusan sarjana seni musik.

Administrator A&R (Artist and Repertoire)

Ini adalah bidang pekerjaan yang dimana sobat akan menjalin kerja sama dengan representatif A&R. Tentunya sobat akan terjaring bersama perusahaan-perusahaan manajemen artis maupun perusahaan rekaman.

Representatif A&R

Jika sobat bekerja sebagai seorang representatif A&R, sobat akan bertugas sebagai orang yang menjaring berbagai kandidat untuk perusahaan-perusahaan rekaman dan juga bertugas memfasilitasi teken kontrak antara artis dengan perusahaan.

Accompanist

Menjadi accompanist artinya kita harus siap untuk mengadakan bermacam pertunjukan bersama kelompok-kelompok ansambel. Selain itu, kita juga bertugas untuk menemani siswa-siswi sekolah musik, peserta kelompok ansambel, koor kongregasi dan gereja, kelas-kelas tari, latihan konser dan beragam pertunjukan bersama musisi yang lain.

Agen

Bila bekerja di sini, sobat akan menjadi penanggung jawab grup band, artis, dan juga kelompok musik yang lain dalam rangka mengadakan pertunjukan musik (jadwal gig) bagi mereka.Tersebut bisa meliputi kegiatan-kegiatan di lapangan terbuka, kafe-kafe, panggung, maupu untuk acara live show di televisi.

Serunya lagi, kita akan mendapatkan pendapatan dari hasil komisi setiap pertunjukan yang kita laksanakan. Biasanya belasan persen atau bahkan sampai puluhan persen komisinya yang dihitung dari honor suatu acara itu sendiri.

Instruktur Teknik Musik

Namanya saja instruktur, berarti pekerjaan kita ya mengatur, Menyenangkan bukan sob? Layaknya bos kantoran. Kita akan bekerja bersama musisi-musisi untuk dapat memotivasi mereka untuk lebih percaya diri dalam menyuguhkan karya-karya maupun tontoinan yang berkualitas untuk masyarakat. Perlu sobat ketahui juga, bahwa profesi ini bisasanya dikerjakan secara independen.

App Developer

Dewasa ini aplikasi-aplikasi musik di smartphone semakin hari semakin booming saja. Nah, di sinilah celah bagi sobat untuk bisa terus berkarya dan berinovasi dalam menciptakan aplikasi-aplikasi musik digital yang bermanfaat dan tentunya menarik untuk pasar.

Di luar itu, sobat juga bisa membuka jasa konsultasi serta mengevaluasi setiap aplikasi musik yang akan diluncurkan ke pasar.

Arranger

Di sini sobat akan menekuni pekerjaan dalam membuat lagu, tapi tak sebatas penulis lagu melainkan sobat juga harus bisa mengaransemen musik hingga orkestra dan juga mengharmonisasi karya-karya dari orang lain. Lingkup kerjanya sangatlah luas. Bisa menjadi pembuat musik untuk penyanyi, band, film, iklan, cahnnel youtube, dan masih banyak lagi.

Manajer Artis

Bila bekerja di sektor ini, sobat akan merasakan bagaimana suka-duka bernegosiasi bisnis dengan para artis. Di sini sobat akan berperan penting dalam mengorbitkan artis-artis baru bila sobat sudah "matang". Atau setidaknya sobat bisa bergabung terlebih dahulu dengan perusahaan-perusahaan manajemen artis. Insya Allah masih banyak kok yang mebutuhkan keringat sobat.

Administrasi Seni

Pekerjaannya adalah menjadi pengelola seni, baik yang berkaitan dengan administrasi maupun dalam mengatur keuangan. Umumnya kita akan menjalin teken kontrak dengan grup-grup orkestra ataupun beebagai tempat pertunjukan ternama.

Audio Engineer

Di sini sobat akan mendapati pekerjaan yang sangat menyenangkan dimana sobat akan memahami peran penting orang di balik layar dan pastinya di balik kesuksesan dari suatu karya.

Pekerjaan utamanya ialah menjadi spesialis pengatur musik yang berkaitan erat dengan teknik efek, bagaimana memanipulasi suara menjadi lebih indah, yang kemudian disatukan dalam sebuah rekaman audio yang berkualitas. Pekerjaan ini bisa digeluti sendiri senagai usaha pribadi, freelance, maupun di studio-studio rekaman.

Blogger

Dewasa ini pekerjaan menjadi seorang blogger menjadi semakin banyak diminati karena selain pekerjaannya yang relatif mudah, tak memakan banyak waktu, dan juga bisa dikerjakan dimanapun menjadi daya tarik lebih dari pekerjaan ini.

Belum lagi maraknya perusahaan-perusahaan yang gencar beriklan di situs-situs sosial media menjadi pintu bagi kita untuk bisa bermitra dengan mereka. Mungkin salah satu yang paling terkenal dan dan dicita-citakan oleh seorang blogger adalah menjadi publisher google adsense.

Hal tersebut tak terlepas dari bayaran yang terbilang 'gede' untuk sebuah pekerjaan yang sangat simpel dan bisa kita lakukan dimanapun bila kita memiliki situs pribadi, bisa berupa web maupun blog.

Broadcast Engineer

Pekerjaannya sangat asyik dan gajinya juga lumayan, yakni menjadi salah satu bagian dari penyiaran di televisi maupun radio.

Manajemen

Pekerjaan ini sangat cocok buat sobat semua yang ingin menjalin usaha di bidang musik. Tersebut bisa di tempat-tempat pertunjukan, klub malam, kafe, toko-toko musik, dan lain-lain.

Guru Musik

Mungkin ini adalah alernatif yang paling brilian bila sobat tidak berhasil bersaing mendapatkan pekerjaan-pekerjaan lain yang lebih hebat di industri musik.

Namun demikian, menjadi guru musik juga bukan berarti bahwa itu pekerjaan yang tidak hebat. Dengan pekerjaan yang sederhana dimana kita hanya harus menerapkan segala yang telah kita pelajari selama menempuh pendidikan musik.

Guru musik di sini bisa saja guru vokal maupun alat-alat musik tergantung mana yang paling sobat suka dan kuasai dengan betul. Enaknya kita juga bisa bekerja part time baik di rumah maupun di sekolahan ataupun les-lesan yang memang butuh musik.

Syukur-syukur sobat bisa memiliki sertifikat pendiudik dan bisa ikut mngejar di sekolahan-sekolahan resmi yang memang khusus sekolahan musik maupun sekolahan reguler, baik negeri maupun swasta.

Spesialis Servis

Pekerjaan yang satu ini meski terlihat sepele, akan tetapi sebetulnya sangatlah menjanjikan. Mengingat sekarang ini banyaknya jumlah alat-alat musik yang dipasarkan seiring dengan berkembangnya industri musik di era modern seperti sekarang ini.

Keuntungan yang kita dapatkan pun juga tak bisa dipandang sebelah mata bila kita bisa membuat usaha kita besar dan mempunyai pelanggan tetap.

Dengan tangan terampil yang cukup dari kita ditambah dengan kemampuan memahami suluk buluk alat-alat musik, nada, komposisi nada dan harmoni yang tepat tentu akan semakin meningkatkan keprofesionalitasan kita bila ingin terjun di bidang pekerjaan ini.

Song Writer

Sobat juga bisa berprofesi sebagai seorang penulis lagu. Bayarannya juga lumyan, bahkan sangat menjanjikan bila sobat bisa mendapatkan kontrak dengan penyanyi ataupun band yang sudah punya nama. Belum lagi bila karya sobat tersebut terkenal dan menjadi booming bahkan sampai ke luar negeri. Tak bisa dibayangkan berapa jumlah pemasukan sobat.

Penyanyi

Dengan basic pendidikan musik, kita yang mungkin awalnya hanya bernyanyi karena hobi bisa jadi pikiran kita lebih terbuka lebar lagi untuk bisa benar-benar menjadi penyanyi profesional. Apalagi dengan berbagai macam materi yang kita ambil dari teknik-teknik vokal maupun komposisi nada yang telah kita pelajari tentunya akan sangat menunjang kemampuan kita dalam bernyanyi.

Musisi

Nah, mungkin ini profesi yang paling diimpi-impikan oleh setiap orang yang menggeluti dunia musik. Siapa sih yang tidak ingin menjadi musisi ternama yang terkenal dimana-mana? Ambisi untuk menjadi seorang musisi tentunya harus dilandasi dengan tekad kuat dan juga mental baja.

Terlepas daris semua itu, kreatifitas dan skill yang mumpuni wajib kita miliki bila ingin bersaing di dalam kerasnya industri musik. Karena meski kita ketahui bahwa menjadi musisi itu adalah pekerjaan yang mengagumkan, nyatanya banyak musisi yang kalah saing sehingga akhrinya mereka semakin terpuruk.

Maka dari itu, kita dituntut untuk terus berkreasi dan menciptakan gagasan-gagasan baru yang mempunyai nilai jual.

Nah, itulah berbagai macam profesi menjanjikan yang bisa sobat raih bila sobat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di bidang musik. Sebetulnya bila dijabarkan lagi masih banyak lagi profesi-profesi yang berkaitan dengan dunia musik.

Namun demikian, secara garis besar semua prospek kerja yang telah penulis sampaikan sudah hampir bisa mewakili keseluruhan profesi di bidang musik. Selamat menempuh pendidikan seni musik ya sob. Semoga kalian sukses dan bisa menggapai cita-cita yang kalian impi-impikan. Dan ingat! jangan pernah malas belajar.

Semoga bermanfaat.





Posting Komentar untuk "18 PROSPEK KERJA PALING MENJANJIKAN JURUSAN SENI MUSIK "