Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PICK GITAR VS THUMB PICK, APA BEDANYA?

GUITAR PICK VS THUMB PICK
source: wikipedia.org
Pada gitar, ada beberapa benda yang paling umum yang bisa kita gunakan sebagai alat bantu untuk memetik senar. Salah satu diantaranya yang paling banyak dipergunakan yaitu pick gitar. Pick sendiri terbagi  lagi menjadi beberapa macam.
 
Nah, yang akan penulis bahas kali ini yaitu guitar pick dan thumb pick. Apa sih bedanya?

Guitar Pick (Pick Gitar biasa)

source: wikimedia.org
Pick gitar adalah alat yang paling umum yang biasa digunakan oleh para gitaris baik yang masih newbie maupun yang sudah pro sekalipun. 

Dengan menggunakan pick, seorang gitaris akan lebih nyaman dan mudah dalam memetik maupun men-strumming (menggenjreng) setiap senar di gitar. Lebih dari itu, penggunaan pick juga berfungsi agar dapat menghasilkan suara yang lebih garing atau terang.
 
Banyak varian yang dapat kita temukan dari pick gitar. Dari yang model biasa sampai yang tak biasa pun ada. Mau cari yang murah, mahal, atau ter-ekslusif pun ada. Sebut saja produsen pick gitar ternama asal Australia bernama ‘Starpics’, mereka mengeluarkan seri pick gitar berbahan meteor. Ya, bahannya memang berasal dari meteor. Menarik bukan?
 
Harga pick tersebut dibanderol hingga mencapai 4800 USD. Wow, kebayang bukan untuk mendapatkan benda sekecil ini harus merogoh kocek sebegitu banyak?
 
Selain banyak varian dari segi fisik, dari segi ketebalan pun bermacam-macam. Hal tersebut tentunya menyesuaikan dengan jenis gitar dan senar yang dipakai serta teknik atau gaya permainan apa yang akan diaplikasikan.
 
Umumnya, untuk memainkan lagu-lagu bergenre pop dan dangdu,t pick dengan ketebalan yang agak tipis digunakan. Sementara untuk lagu-lagu bergenre jazz, hard rock, maupun blues pick yang agak tebal baik untuk digunakan. Tentunya untuk mendukung permainan yang lebih berpower.

Tabel Klasifikasi Ketebalan Pick Gitar

Jenis
Milimeter
Inchi
Keterangan
Extra Light
≤ 0.44
≤ 0.017
-
Light
0.45 - 0.69
0.018 - 0.027
T / L
Medium
0.70 - 0.84
0.028 - 0.033
M
Heavy
0.85 - 1.20
0.035 - 0.047
H
Extra Heavy
≥ 1.50
≥ 0.060
XH
Tak hanya ketebalan yang menjadi perhatian, besar kecilnya pick juga merupakan faktor yang cukup penting dalam penentuan penggunaan pick yang paling kompatibel.

Secara personal, untuk pick yang lebih kecil cocok digunakan untuk bermain gitar dengan keceptan tinggi seperti  rock dan metal. Sementara untuk ukuran yang lebih besar lebih cocok untuk bermain akustik biasa maupun rhytem.

Thumb Pick (Pick Jempol)

source: flickr.com
Thumb pick sebetulnya juga merupakan bagian dari fingerpick. Akan tetapi, banyak thumb pick yang dijual terpisah tak sepaket dengan fingerpick. Oleh karena itu, penulis mencoba mengklasifikasikannya menjadi pokok pembahasan tersendiri.
 
Berbeda dengan guitar pick yang cara memegangnya dijepit/dipegang dengan menggunakan dua atau tiga jari, thumb pick dipakai hanya untuk ibu jari saja. Cara penggunaannya yaitu dipasangkan/dimasukkan ke dalam ruas ibu jari.
 
Fungsinya hampir sama dengan pick gitar biasa, yaitu supaya suara yang dihasilkan bisa terdengar lebih garing/terang. Tetapi thumb pick sengaja didesain khusus hanya untuk dipergunakan dalam permaian petikan, khususnya untuk senar nada rendah atau lebih tepatnya senar bass.
 
Dengan menggunakan thumb pick, kita tidak perlu repot-repot untuk memelihara atau memanjangkan kuku kita supaya bisa digunakan untuk memetik senar gitar dengan nyaman. Hanya berbekal sebuah alat yang bahkan bisa sobat dapatkan dengan harga belasan ribu, kita sudah bisa mendapatkan manfaat yang benar-benar maksimal.
 
Thumb pick umumnya terbuat dari bahan plastik khusus atau metal, dengan ukuran yang bervariasi guna menyesuaikan ukuran lingkar ibu jari pemakainya. Dari ukuran S, M, L, dan XL pun ada. 

Salah satu rekomendasi terbaik dari penulis adalah thumb pick merek Dunlop dan Alaska. Sobat bisa membelinya di situs-situs online terpercaya maupun di toko-toko alat musik ternama di kota sobat.
 
Bagi gitaris fingerstyle tentu cukup memerlukan thumb pick. Namun demikian, terkadang bagi sebagian orang juga ada yang merasa kurang nyaman bila harus mengenakannya. Oleh karenanya, tak sedikit pula gitaris-gitaris fingerstyle yang memilih untuk tidak mengenakan thumb pick.

Penutup:

Baik pick maupun thumb pick mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi sobat yang merasa nyaman menggunakannya atau hanya sekedar ingin mencoba-coba tak ada salahnya untuk segera membelinya.
 
Untuk urusan kenyaman pastinya ada di tangan sobat masing-masing. Mau menggunakan keduanya atau tidak adalah pilihan pribadi. Tak usah diambil pusing, mana yang sekiranya membuat diri kita nyaman ya jalankan dan nikmati saja, biarkan seperti air yang mengalir.
 
Semoga bermanfaat.






Posting Komentar untuk "PICK GITAR VS THUMB PICK, APA BEDANYA?"