Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA NEMBANG / MENYANYIKAN TEMBANG DHANDHANGGULA

BELAJAR NEMBANG JAWA
Salah satu ragam tembang macapat yaitu tembang dhandanggula. Tembang ini sendiri berada pada urutan ketujuh dari kesebelas tembang macapat. Tembang ini memiliki watak gembira, manis, dan luwes.

Sesuai dengan wataknya, tembang ini memiliki sebuah filosofi yaitu harapan yang indah. Selain itu, ia juga melambangkan suatu kecocokan yang indah.

Adapun beberapa karakteristik dari tembang dhandhanggula adalah sebagai berikut:
1. Mempunyai guru gatra sepuluh baris
2. Mempunyai Guru Wilangan : 10, 10, 8, 7, 9, 7, 6, 8, 12, 7
3. Memiliki Guru Lagu : i, a, e, u, i, a , u, a, i, a

Nah, setelah mengenal sedikit filosofi dan karakteristik dari tembang dhandhanggula, penulis akan men-share bagaimana cara menyanyikan tembang dhandanggula dengan baik dan benar 

Cara Menembangkan Tembang Dhandhanggula

Dhandhanggula adalah tembang yang sangat unik. Rasa dan penjiwaan sesuai dengan karakternya yang terbilang kompleks membuatnya termasuk ke dalam jajaran tembang yang cukup sulit untuk ditembangkan.

Disamping itu, cara menembangkannya yang terbilang unik ini terkadang begitu memikat perhatian. Untuk bisa menembangkan tembang dhandhanggula dengan baik dan benar, kita perlu menguasai teknik vokal yang memadai.

Namun demikian, baik menyanyi maupun menembang dapat kita lakukan secara alamiah dalam alam bawah sadar kita untuk bisa mennyanyikan / melagukan kata-kata (syair) yang ada sesuai dengan nada atau iringan musik sehingga tak terdengar fals.

Langsung masuk ke intinya, cara menembangkan tembang dhandanggula yaitu di awal kita dituntut untuk bisa bernyanyi dengan nada setinggi mungkin dalam range vokal yang kita miliki. Sementara itu, masuk ke pertengahan sampai akhir tembang kita akan bernyanyi dengan nada yang semakin menurun dan menurun hingga titik nada terendah yang bisa kita nyanyikan.

Disitulah tantangan sebenarnya dalam menembangkan tembang dhandhanggula. Kita harus bisa mengontrol suara dari awal hingga akhir syair tembang dengan cara melagukan yang tidak konstan, yaitu dengan nada dan suasana yang berubah-ubah setiap baris maupun bait syair dari tembang tersebut.

Tips dan Trik Menembangkan Tembang Dhandhanggula 

Agar bisa menembangkan tembang dhandhanggula dengan baik dan lancar hingga akhir syairnya, kita harus benar-benar memperhatikan beberapa faktor seperti pernafasan, pengucapan kata (artikulasi), juga strategi dalam pengambilan nada.

Ukur dahulu kemampuan vokal yang kita miliki masing-masing. Jangan memaksakan diri untuk mengambil nada yang begitu tinggi yang kita kesulitan untuk menjangkaunya. Bisa-bisa nanti perpindahan nadanya dari baris satu ke baris lainnya meleset atau kurang tepat.

Namun demikian, jangan pula terlalu rendah mengambil nada di baris syair awalnya. Bisa-bisa nanti suara kita dipertengahan maupun akhir syair tembang akan menjadi tak terdengar karena mengindahkan aturan menembangkan tembang dhandhanggula itu sendiri yang harus dilagukan dengan nada yang semakin menurun dan menurun dari awal hingga akhir tembang.

Maka dari itu, pastikan kita dapat mengambil nada yang tepat sehingga nantinya kita tidak kuwalahan dalam menembangkan tembang ini.

Terakhir, sebelum mulai nembang, ada baiknya kita mengambil pemanasan vokal terlebih dahulu yaitu dengan mengambil napas dalam-dalam lalu mengeluarkannya secara perlahan. Setelah itu, kita bisa mengucapkan vokal a, i, u, e, o guna meningkatkan insting kita dalam mencari kesesuaian antara nada dan vokal kita.

Di bawah ini adalah contoh dari tembang dhandhanggula lengkap dengan notnya yang bisa sobat gunakan untuk berlatih nembang.

DHANDHANGGULA - Turulare ( Laras Pelog Patet Enem )

6       1       2       3       ,      6       1       2       2       2      2
Ing   kang  ka    mot          ing    su      rat    Al  -  A  -  shri
1       5       65     3       ,      3       5       6       6       6       6
Su    rat     ing   kang         ka     ping  sa     tus     ti       ga
6       5       3       2       ,      3       1      2 1     6
Mungte    lung   a       -      yat    ca  -  cah  - e
6       1       2       2        2       3      12
Ka    pi     san     te       ges    I      pun
6        5      21      1       ,      1      1       1        1       1
Dhe   mi    wek   tu             u      ta      wi      wan   ci
3        5      5        5        5      56     56
Mang ko   no      wer     di      ni      ra
2        2      3        1         2 1    6
Wi     ga    ti      ning       wek  tu
6        1      2        3          3       3       3       3
Da    tan    nge   mung  -  a  -    ke     A   - shar
3       3      21       21     ,       1       1       1       1       1      2      3      3
A      ji      ning    wek          tu     yek    ti      tan    pa     u      pa    mi
3       3       3        2         23     12      2
Ywa kong si       tan        pa     gu      na

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Asal Usul Gamelan Jawa, Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Posting Komentar untuk "CARA NEMBANG / MENYANYIKAN TEMBANG DHANDHANGGULA"