Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PALING AMPUH DAN JITU MENGHINDARI NADA FALS SAAT BERNYANYI

cara menghindari fals saat bernyanyi
Cara Jitu Menghindari Nada Fals 

Cara Paling Ampuh Menghindari Nada Fals Saat Bernyanyi


Dalam bernyanyi, tak jarang suara yang kita keluarkan tiba-tiba terdengar fals. Hal itu tentunya akan sangat menggangu, parahnya lagi juga akan memperburuk image penampilan kita sebagai seorang penyanyi, walau penyanyi kamar mandi sekalipun, hehe.

Untuk menghindari hal tersebut, kali ini penulis ingin men-sharing beberapa trik supaya suara sobat tak terdengar fals ketika sedang bernyanyi.

Sebelum masalah itu terjadi (suara fals ketika bernyanyi) ada baiknya kita mengantisipasinya terlebih dahulu, yaitu dengan melakukan pemanasan yang baik dan benar. Berikut ini langkah-langkah pemanasan sekaligus latihan sebelum bernyanyi yang dapat meningkatkan kualitas suara sobat: 

Langkah-Langkah Pemanasan Sebelum Bernyanyi

  1. Ucapkan beberapa kata berikut: ‘ah’, ‘doh’,‘mi', ‘mah’, ‘mei’, ‘mow’, atau ‘mu’ mencakup oktaf rendah maupun oktaf yang tinggi dalam range scale vokal kamu.
  2. Berlatihlah secara teratur setiap hari, dengan demikian pita suara kamu akan menjadi rileks namun memiliki power yang bagus. Kamu juga bisa melakukan latihan tersebut dengan membarenginya dengan bunyi piano / keyboard supaya nadanya terdengar lebih presisi.
  3. Nyanyikan sebuah lagu yang sekiranya kamu mampu menggapai oktaf tertingginya dalam range vokalmu. Setidaknya ulangi lagu tersebut dua atau tiga kali. Lakukan dengan santai, kemudian ambillah napas secukupnya, lalu fokuskan kalau nada tingginya dapat dengan mudah kamu capai.
  4. Setelah berhasil menyanyikan nada tingginya dengan baik, latih kembali suara kamu dengan lagu-lagu lain dengan teknik yang sama.
  5. Nyanyikan sebuah lagu lagi yang kamu mampu mencapai oktaf terendah suara kamu. Lakukan latihan sama dengan teknik latihan yang tertera pada nomor 3. Jika masih mengalami kesulitan, cobalah ucapkan 'mah’ atau ‘ah’.
Selama menjalani latihan di atas, ada baiknya sobat juga menghindari beberapa hal seperti di bawah ini:

Hal yang Harus Dihindari Agar Suara Bagus

  • Jangan mengonsumsi makanan / minuman yang sekiranya mengandung susu, karena zat tersebut akan melapisi dan membaur dengan pita suara kamu sehingga membuat pita suara menjadi tegang. Untuk melemaskannya kamu dapat meminum teh hangat dan perbanyaklah minum air putih.
  • Jangan sekali-kali memaksakan cakupan / kemampuan oktaf ! ulangi pelan-pelan, lakukan dengan napas yangg cukup.
  • Setelah kamu mampu mencapai suatu oktaf tertentu yang kamu inginkan dengan sempurna, maka oktaf tersebut secara otomatis akan mudah kamu capai di momen-momen berikutnya.
  • Nikmatilah latihan ini. Lakukan dengan ‘enjoy’, dengan begitu suara yang kamu hasilkan dapat terdengar jelas dan santai.
Serangkaian latihan di atas selain berguna untuk menghindari nada fals ketika bernyanyi, juga berfungsi untuk merilekskan pita suara kita agar mampu menyanyikan nada-nada tinggi dengan maksimal. Bila masih merasa kesulitan, mungkin sobat juga bisa mencoba metode yang lainnya seperti yang akan penulis paparkan di bawah ini.

Berlatihlah bernyanyi sambil menutup salah satu telinga, boleh telinga kiri maupun kanan, bebas. 

Latihan ini berfungsi supaya kita bisa lebih jelas dalam mendengar suara yang keluar (output) suara kita saat bernyanyi. Dengan demikian, kita bisa lebih mengontrol suara / nada yang kita nyanyikan.

Kabar baiknya, trik tersebut juga dapat kita terapkan ketika tengah bernyanyi di atas panggung. Ketika sedang bernyanyi, di tengah-tengah iringan musik dan teriakan penonton, kita bisa menutup slaah satu telinga kita agar dapat mengontrol suara kita dengan lebih baik.

Perlu diingat! Jangan terlalu sering menggunakan trik tersebut, gunakan seperlunya saja dan disaat yang benar-benar tepat, untuk menjaga penampilan kita agar tetap terlihat professional.

Setelah mengetahui kedua buah metode memaksimalkan suara kita agar tak terdengar fals ketika bernyanyi, ada baiknya sobat juga mengetahui beberapa persiapan yang diperlukan atau yang harus kita kuasai. Berikut urutan langkah-langkah persiapan yang kita perlukan. 

Persiapan Sebelum Bernyanyi (Wajib)

  • Kuasai syair serta melodi dari lagu yang akan kita nyanyikan dengan benar
  • Lakukan pemanasan vokal setidaknya 5-10 menit sebelum bernyanyi, penting!
  • Latihan teknis. Berlatihlah beberapa bagian teknik vokal yang akan berguna untuk memperbaiki beberapa kekurangan kamu dalam menyanyikan lagu yang akan kamu bawakan nantinya. Lakukan setidaknya 5-10 menit, lalu terapkan pada lagu yang akan kamu bawakan / nyanyikan.
  • Lakukan Cooling Down Vocal (Pendinginan)
Cooling Down Vocal ini sama pentingnya dengan teknik Warm Up Vocal (pemanasan). Manfaatnya adalah dapat membantu mengembalikan suara kita ke bentuk aslinya. 

Maksudnya adalah, seluruh tenaga yang telah kita leuarkan untuk bernyanyi yang dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan vokal khususnya pada pita suara kita akan dapat disembuhkan / dikembalikan seperti sedia kala.

Untuk pendinginannya sendiri kita bisa memperbanyak minum air putih dan beristirahat secukupnya untuk menjaga kondisi pita suara kita. 

Semoga bermnafaat.


Posting Komentar untuk "CARA PALING AMPUH DAN JITU MENGHINDARI NADA FALS SAAT BERNYANYI"