Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEKNIK RAHASIA MELENTURKAN JARI KETIKA BERMAIN BIOLA

RAHASIA TEKNIK FINGERING

"Permainan biola adalah seni menggesek dan seni menarikan jari."

Rasanya ungkapan tersebut sangatlah tepat untuk menggambarkan bagaimana permainan biola itu. Dalam bermain biola, kita dituntut untuk lincah menggerakkan jari-jari tangan guna mencari not dan ritme musik yang tepat.

Lebih dari itu, kita juga dituntut untuk mampu menggerakkan tangan kanan kita dengan gesit dan lincah. Tangan kanan juga akan menjadi tulang punggung atau poros permainan kita. Untuk bisa menghasilkan bunyi yang indah, tangan kanan kita harus mampu menguasai bow.

Awalnya, kita perlu belajar ekstra guna menyesuaikan diri dengan alat musik berdawai ini. Dikarenakan banyaknya tantangan yang harus kita lalui, kita harus "benar-benar" belajar dengan benar agar mampu melantunkan nada yang indah, dari alat musik kecil bernama biola ini.

Pentingnya Melenturkan Jari

Hampir serupa ketika bermain gitar, ketika kita bermain biola jari-jari tangan kita dituntut untuk bisa bergerak dengan lincah, cepat, cermat, dan tepat. Hal tersebut tentunya bertujuan agar jari-jari kita bisa dengan mudah menemukan nada sekaligus tempo yang paling tepat dalam memainkan sebuah lagu.

Untuk menemukan nada pada biola tak seperti pada gitar. Biola adalah keluarga alat musik tanpa fret, jadi jari-jari tangan kita harus bekerja lebih ekstra. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa melihat pembatas nada, yang artinya nada-nada yang bisa kita mainkan terbentang luas di sebuah media yang disebut dengan fingerboard.

Kita harus mengira-ngira sendiri, pada titik apa / seberapa kita akan mendapatkan nada yang kita inginkan. Pada mulanya hal tersebut pasti cukup menyulitkan. 

Oleh karena itu, sebagian besar guru-guru yang mengajar biola pada murid-muridnya selalu menerapkan teknik pemberian tanda pada fingerboard (papan jari) biola.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan murid-murid yang mau belajar agar lebih mudah dalam memainkan nada, apapun itu. Atau istilah gampangnya berfungsi sebagai "contekan" ketika kita memainkan rangkaian nada pada biola.

Sejatinya penulis tak begitu menganjurkan penggunaan tanda pada fingerboard tersebut. Tetapi yah. . kalau memang sobat merasa sangat kesulitan dan hampir putus asa juga tak masalah untuk menggunakan tanda sebagai alat bantu. Asalkan jangan terus bergantung padanya saja.

Manfaat Melenturkan Jari

Bila jari kita sudah lincah dan gesit, tentu banyak keuntungan yang  akan kita dapatkan. Apa sajakah itu? 

  •  mudah memainkan nada
Keuntungan pertama dan utama yang akan kita dapatkan adalah kemudahan kita bila memainkan nada. Nada disini berarti  not-not musik (doremi) sesuai dengan lagu yang kita mainkan. Bila jari-jari kita sudah lincah, mau not itu terletak di ujung sampai pangkal fingerboard kita akan tetap bisa memainkannya dengan mudah. 

Maka dari itu, ketika kita berlatih melenturkan jari kita harus melatihnya dari pangkal sampai ujung (menyeluruh) jangkauan nada pada fingerboard biola.
  •  bisa memainkan beragam teknik pada biola
Keuntungan selanjutnya yaitu kita akan mampu menguasai bermacam teknik pada biola. Pada prinsipnya, semua alat musik terdapat cara / trik khusus dalam memainkannya, tak terkecuali pada biola. Beberapa teknik pada biola yang menuntut kelincahan jari-jari tangan kita diantaranya, yaitu: teknik vibrato, teknik pizzicato, tremolo, double strokes,dll.
  •  permainan cepat berkembang
Dan keuntungan yang terakhir sangatlah jelas, permainan kita akan cepat berkembang. Lambat laun kita akan mampu menguasai semua teknik pada biola, hingga kita bisa menciptakan aransemen musik sendiri dengan biola yang ada ditangan kita. 

Kunci Utama Melenturkan Jari Tangan 

Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh, penulis berharap semoga sobat akan lebih terpacu untuk belajar melenturkan jari-jari tangan sobat. Untuk itu, sobat juga wajib mengetahui kunci dasar / utama dalam melenturkan jari. 

Hampir serupa ketika berlatih bermain gitar, teknik yang kita pakai untuk melenturkan jari adalah teknik "fingering". Apa itu teknik fingering? Teknik fingering adalah sebuah teknik penjarian dengan pola-pola khusus / tertentu guna membentuk karakter jari yang luwes dalam memainkan seluruh nada pada biola. 

Rahasia Teknik Fingering Untuk Melenturkan Jari  

Dalam berlatih fingering untuk melenturkan jari, ketika memainkan biola memang agak berbeda dengan latihan fingering seperti pada gitar. Selain dikarenakan pada biola tidak terdapat fret, di biola juga wilayah jangkaun nadanya lebih sempit. 

Fingerboard yang kecil dan hanya terdapat empat buah dawai menjadi alasan utamanya. Intinya, ketika kita melakukan fingering saat bermain biola, kita dituntut untuk berkreasi seluas-luasnya dalam sebuah keterbatasan. Menarik bukan? 

Rahasia utama teknik fingering pada biola yaitu kita akan melakukan fingering seperti biasa. Akan tetapi, sejatinya trik rahasianya terletak pada pengulangan dan cara kita mematikan nada.

Ya, ketika berlatih fingering tidak perlu untuk membunyikan nadanya. Jadi kita tidak perlu menggesek bow (busur) terlebih dahulu selama berlatih fingering.

Cukup fingering biasa, dengan teknik "silence". Artinya kita benar-benar tidak membunyikan apa-apa ketika melakukan fingering. Kita cukup mengetuk-ngetukan jari-jari tangan kita pada fingerboard dengan repetisi (pengulangan) beberapa kali sesuai kebutuhan. Sederhana bukan?

Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat sendiri sebuah video tutorial rekomendasi spesial dari penulis dalam berlatih fingering untuk melenturkan jari-jari tangan kita.. 


Semoga bermanfaat.

Baca juga: Posisi Dasar Dalam Bermain Biola






3 komentar untuk "TEKNIK RAHASIA MELENTURKAN JARI KETIKA BERMAIN BIOLA"

  1. Ka kalau kita mau mengiringi lagu pake biola gimana caranya ya?
    Contonya lagu ngambil kunci C pada gitar.

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mainnya otomatis pakai scale Gan kalau di biola. C berarti ya pakai scale c. Kurang lebih sama persis dengan gitar yang juga ada sclenya seperti pada melodi-melodi gitar.

      Hapus
  2. Kak gimana ya latihan kalo mau biar gesekan biolanya waktu nada panjang gak yang getar/shaking/nderedeg gitu?

    Makasii

    BalasHapus