Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RAHASIA BELAJAR TEKNIK PINCH HARMONIC

RAHASIA BELAJAR TEKNIK PINCH HARMONIC

Pada alat musik gitar, ada banyak teknik yang bisa kita mainkan. Teknik-teknik bermain gitar yang kerap kita jumpai diantaranya seperti: teknik sweep picking, tapping, harmonic, dll. Nah, pada kesempatan kali ini teknik yang akan kita pelajari adalah salah satu jenis teknik harmonic pada gitar, yaitu teknik pinch harmonic.

Apa itu teknik pinch harmonic?

Teknik pinch harmonic adalah teknik membunyikan senar dengan cara yang berbeda. Teknik ini termasuk dalam keluarga teknik harmonic. Pada prinsipnya teknik ini adalah teknik mematikan atau membunyikan senar tidak secara penuh / seutuhnya.

Keindahan Teknik Pinch Harmonic

Bila kita mampu menguasai teknik ini, kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Berbagai keindahan akan kita dapatkan, begitupun orang lain yang menyaksikan permainan kita. Baik keindahan secara visual maupun audional.

Artinya, teknik ini dapat memukau pandangan mata juga menghipnotis para pendengar dengan indahnya suara gitar yang dihasilkan melalui teknik ini.

Mendengarkan seseorang yang memainkan teknik pinch harmonic, kita akan benar-benar terhibur karena suara yang masuk di telinga kita benar-benar terdengar unik dan “fresh.”

Secara visual pun kita akan menyaksikan kelincahan seorang pemain gitar dalam memainkan gitarnya. Jari-jari tangan seorang pemain gitar yang memainkan teknik ini akan benar-benar terekspos, dan tak khayal membuat para penonton terkesima.

Keistimewaan Teknik Pinch Harmonic


Dalam bermain teknik pinch harmonic, seorang pemain gitar akan mendapatkan beberapa keistimewaan seperti; disukai para penonton, menarik perhatian, meningkatkan potensi sebagi gitaris handal, dll.

Teknik ini termasuk kedalam keluarga teknik gitar khusus / spesial yang tergolong sulit untuk dimainkan. Mengapa penulis katakan demikian? Dalam bermain teknik pinch harmonic yang benar-benar “sempurna” adalah hal yang memerlukan fokus lebih dalam mempelajarinya.

Kebanyakan seorang gitaris jalanan atau rumahan memainkan teknik ini masih dalam tingkatan yang sangat sederhana, belum begitu mendalam. Bila kita pelajari betul, untuk menghasilkan bunyi yang benar-benar bersih dan “sempurna” tergolong susah.

Rahasia Belajar Teknik Pinch Harmonic

Oke, setelah diawal tadi penulis telah membuka sedikit pemahaman sobat mengenai teknik pinch harmonic. Kini saatnya kita akan membahas secara tuntas bagaimana cara memainkan teknik ini. 

Nah, untuk memudahkan sobat dalam mempelajari teknik ini, maka penulis akan mengelompokkan teknik ini kedalam tiga bentuk dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Namun sebelumnya kita akan mengetahui sebenarnya bagaimana sih teknik pinch harmonic secara umum. Seperti yang telah penulis jelaskan diawal, teknik ini adalah teknik mematikan atau membunyikan senar secara setengah-setengah.

Mungkin kedengaranya cukup aneh dan membingungkan bukan? Tapi apa daya sejatinya penulis pun cukup kesulitan untuk menjelaskan bagaimana teknik ini dimainkan, hehe. 

Pinch harmonic tingkat I

Pada tingkat pertama kita akan mempelajarinya dalam model yang sederhana sehingga relatif lebih mudah untuk dipelajari. Bagaimanakah cara memainkannya? Oke, akan kita bahas lebih lanjut.

Sebagai tingkat dasar / awal belajar teknik pinch harmonic, sobat bisa memainkannya dengan hanya menyentil senar sambil menahan bunyinya dengan jari-jari tangan kiri sobat. Ingat! hanya menahan, jadi kita tidak menekannya, cukup menempelkan jari saja untuk menghentikan getaran senar.

Nah, pada tahap pertama ini cukup sentil senar sama seperti ketika sobat memetik gitar pada umumnya, lalu tahan bunyinya pada fret kedua belas menggunakan jari tangan kiri sobat.

Sobat bisa memainkannya pada senar ke berapapun, akan tetapi penggunaan teknik ini hanya bisa diterapkan ketika senar dibunyikan dalam keadaan loss atau tanpa ditekan di fret manapun.

Pinch harmonic tingkat II

Selanjutnya kita akan ke level yang sedikit diatasnya. Pastikan sobat sudah bisa menguasai tingkat pertama dulu, baru berlanjut belajar pada tingkat kedua ini.

Cara memainkannya hampir sama seperti tadi, yaitu sentil senar dengan menggunakan jari tangan kanan sobat kemudian tahan bunyinya dengan menggunakan jari tangan kiri.

Nah, sebenarnya perbedaannya terletak pada cara kita menahan bunyi dan penggunaan jari tangan ketika menyentil senar. Jari yang sebaiknya sobat gunakan untuk menyentil senar tersebut adalah jari tengah. Sementara itu untuk menahan bunyinya sobat bisa menggunakan jari telunjuk.

Hal ini adalah hal yang paling mudah yang bisa sobat lakukan. Karena kebanyakan metode awal dalam belajar teknik ini memang seperti itu.

Suatu hal yang perlu sobat perhatikan kembali. Posisi jari tangan kiri kita ketika menahan bunyi senar tidak sama seperti pada tingkat pertama tadi, melainkan secara berpola. Disini kita akan mulai menerapkan pola penjarian teknik pinch harmonic.

Polanya sendiri seperti ini. Ketika senar dibunyikan secara loss berarti senar ditahan pada fret dua belas. Ketika senar dibunyikan / ditekan pada fret satu berarrti jari tangan kanan kita juga harus mundur satu fret yaitu pada fret ketiga belas. Begitupun seterusnya.

Pinch harmonic tingkat III

Pada tingkatan yang terakhir inilah yang paling susah dan kompleks. Cara memainkannya sama seperti pada tingkat kedua tadi, jari telunjuk selalu digunakan sebagai penahan bunyi senar. Hanya saja kita dituntut untuk bisa memainkannya dengan semua jari yang kita miliki.

Artinya kita harus bisa menggunakan keempat jari tangan kanan kita untuk menyentil senar. Begitupun keempat jari tangan kiri kita juga harus bisa kita manfaatkan untuk menahan bunyi senar sesuai porsinya. 

Jika sobat sudah bisa memainkannya sampai pada tingkat ini, selamat sobat sudah bisa menguasai teknik pinch harmonic seutuhnya. 

Nah, supaya sobat bisa lebih mengenal lebih mendalam seperti apa teknik pinch harmonic itu, sobat bisa menyaksikannya sendiri pada video di bawah ini.


Semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Macam Variasi Teknik Harmonik Pada Gitar










Posting Komentar untuk "RAHASIA BELAJAR TEKNIK PINCH HARMONIC"