Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PALING MUJARAB MENGATASI RASA MINDER KETIKA PERFORM DIATAS PANGGUNG

PERCAYA DIRI TAMPIL DIATAS PANGGUNG

Halo sobat setia pembaca artikel ZAB, kali ini penulis akan kembali memberikan tips dan trik yang sangat menarik. Untuk sekedar merefresh atau menyegarkan pikiran sobat, penulis akan membahas sebuah topik yang benar-benar "fresh". Apakah topik kita kali ini? Yups, benar sekali. Kali ini penulis akan mengupas tuntas mengenai kepercayaan diri.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, apakah sobat sudah tahu apa itu yang namanya percaya diri? Untuk memantapkan sobat dalam belajar kali ini, ada baiknya sobat memahami dulu apa makna percaya diri yang sesunguhnya.

Makna Rasa Percaya Diri

Seringkali kepercayaan diri dikaitkan dengan hal-hal yang disebut keberanian, padahal hal itu salah besar. Pemahaman tentang konsep percaya diri oleh sebagian orang sering disalah artikan. Maka dari itu, perlu kembali penulis tekankan kepada sobat semua bahwa makna sesungguhnyan dari rasa percaya diri itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan keberanian.

Lalu, apa sebenarnya percaya diri itu?

Makna percaya diri yang sesungguhnya adalah "kenyamanan". Ya, artinya kenyaman kita dalam melakukan sesuatu, apapun itu. Bayangkan ketika sobat ingin berbicara dengan seseorang, jika sobat percaya diri pasti seketika itu sobat  langsung membuka pembicaraan dengan orang itu.

Namun bila sobat tidak / kurang percaya diri maka sobat akan berpikir terlebih dahulu, misalnya apa yang mau sobat bicarakan.

Nah, tentu sobat semua tahu betul. Ketika berhadapan dengan siapa kita berpikir dahulu, atau langsung bertindak mengambil inisiatif dahulu. Ya, ketika hati kita merasa nyaman, kita tak akan berpikir panjang lebar mengenai apa yang harus kita lakukan.

Seperti pada kasus yang telah penulis contohkan tadi, bila kita sedang ingin berbicara dengan teman atau sahabat kita sendiri tentu kita tidak akan berpikir panjang mengenai apa topik yang akan kita bicarakan, apa reaksi dia, apa itu bla, bla, bla. Intinya, semua yang akan kita lakukan mengalir begitu saja. Itulah yang disebut dengan kenyamanan.

Coba saja ketika kita ingin berbicara dengan orang yang tidak kita kenal, penulis yakin sesedikit apapun itu pasti ada rasa canggung dan keragu-raguan ketika ingin membuka pembicaraan.

Sebenarnya rasa percaya diri pun bisa kita bentuk seketika itu juga meski yang sedang kita hadapi adalah orang asing sekalipun. Kuncinya, buat diri kita merasa nyaman. Atau lebih gampangnya, anggap saja orang-orang yang akan kita hadapi adalah teman, saudara, keluarga, ataupun orang-orang terdekat kita.

Dengan begitu penulis berani jamin, bahwa sobat akan merasa lebih tenang dan nyaman ketika melakukan apapun itu. Berani coba? Silahkan, penulis tunggu testimoninya, hehe.

Rasa Percaya Diri Diatas Panggung

Sebenarnya percaya diri diatas panggung tak jauh berbeda dengan percaya diri di tempat-tempat lain, dimanapun kita berada. Intinya kita hanya mengembangkan rasa kenyamanan kita itu seluas-luasnya. Sama seperti saat ketika ngumpul atau nongkrong bareng temen-temen kita, tentu kita tetap akan nyaman-nyaman saja.

Maka dari itu, sebelum membentuk kepercayaan diri diatas panggung ada baiknya sobat membentuk kepercayaan diri itu diluar panggung. Biasakan untuk menjadi pribadi yang PD dan nyaman dimanapun sobat berada. 

Sebagai langkah awalnya, sobat bisa mempraktekannya ketika bertemu dengan orang-orang yang belum sobat kenal. Cobalah untuk memulai pembicaraan dengan siapapun yang ada didekat sobat. Buatlah diri sobat merasa senyaman mungkin. 

Apabila sudah berhasil, penulis berani jamin lama-kelamaan sobat akan menjadi terbiasa dengan kondisi-kondisi yang kadang membuat sobat merasa minder / kurang percaya diri. 

Hal-Hal yang Harus Dikakukan Sebelum Naik Ke Atas Panggung

Sebagai antisisipasi lain agar sobat lebih siap. Sebelum sobat tampil diatas panggung, jangan lupa untuk tampil seperfect mungkin, agar tambah PD dan jangan lupa pula untuk berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan kepercayaan diri yang berlipat. 

Kunci terakhir yang perlu sobat ketahui yaitu, sugestikan (bayangkan) hal-hal yang positif dalam pikiran sobat. Ingat! hanya hal-hal positif, jangan sampai ada hal-hal negatif yang masuk dalam pikiran sobat. Cegah pikiran-pikiran negatif itu sesegara mungkin apabila ada. Tenangkan pikiran sobat, dan sugestikan hal-hal positif.

Tak peduli apapun bakat / keterampilan yang akan sobat tunjukkan jangan pernah takut salah atau gagal. Misalnya sobat seorang gitaris, bayangkan bahwa sobat adalah gitaris terhebat didunia. Bayangkan bahwa penonton akan sangat tehibur dengan penampilan sobat, dan dunia pun akan bangga memiliki gitaris seperti sobat. 

Begitupun bila sobat ingin tampil menyanyi, memainkan alat musik, menari dan apapun itu. Kuncinya, bayangkan bahwa semua orang akan senang dengan penampilan sobat. Bila sudah begitu rasa minder akan segera teratasi.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Di atas Panggung

Setelah segala kebutuhan baik materi fisik maupun non fisik sudah sobat siapkan, kali ini saatnya sobat naik keatas panggung. Disinilah kepercayaan diri sobat akan benar-benar diuji. Siapkan mental yang matang, ambil nafas dalam-dalam, kalau perlu sambil tegangkan otot-otot sobat, setelah itu hembuskan. 

Kini melangkahlah dengan penuh percaya diri, bayangkan semua penonton adalah kawan. Dan tunjukkanlah semaksimal mungkin apa yang sobat bisa. Saatnya menunjukkan pada dunia bahwa kita pasti bisa!

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Seusai Perform 

Setelah menyelesaikan perform sobat, jangan lupa untuk berterima kasih kepada penonton. Tunjukkan apresiasi sobat sebaik mungkin terhadap antusiasme penonton. 

Setelah itu, sobat bisa turun dari panggung dan istirahat sejenak. Jangan lupa untuk bersyukur dan berterima kasih juga pada Tuhan karena telah diberikan kepercayaan diri. 

Penutup:

Sejatinya percaya diri adalah suatu hal yang gampang-gampang susah. Selama kita merasa nyaman, apapun yang akan kita lakukan akan selalu terasa mudah. Maka dari itu, buatlah diri kita senyaman mungkin. Dengan membuat sugesti-sugesti positif kita akan mampu menumbuhkan kepercayaan diri. 

Dan satu kunci terakhir yang sengaja penulis letakkan di bagian penutup adalah, "jangan lupa untuk tetap tersenyum" Karena senyuman bisa merefleksikan pikiran positif dalam diri kita. 

Semoga bermanfaat.






2 komentar untuk "CARA PALING MUJARAB MENGATASI RASA MINDER KETIKA PERFORM DIATAS PANGGUNG"

  1. agan sangat hobi banget ya sama musik? kalau saya hobinya hanya mendengarkan saja, hehe

    salam mediablog4you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah begitu ya gan. Saya sebenarnya juga cuman buat hiburan aja main musik gan, sama sekali gak ada niatan buat jadiin profesi. Hobi mendengarkan gapapa gan, menjadi pendengar yang baik itu kan juga hebat.

      Hapus