Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA BELAJAR MAJOR SCALE FINGERSTYLE

BELAJAR MAJOR SCALE FINGERSTYLE

Bicara soal fingerstyle memang tak ada habisnya. Selalu saja ada hal-hal menarik yang bisa diulik, tak terkecuali seputar tips dan trik memainkannya. Beragam cara dan metode baru pun kerap muncul guna memudahkan siapa saja yang ingin mengenal dan belajar lebih jauh mengenai fingerstyle.

Pengertian Major Scale

Pada prinsip dasarnya scale adalah interval atau jarak yang diikuti rumus tertentu. Mereka adalah suatu rumus yang sudah ada sejak dahulu dan merupakan materi instan yang kini sudah ada yang bisa mempermudahkan kita untuk memahami suatu konsep musik dengan lebih mudah.

Sedangkan major scale itu sendiri berarti scale mayor yang terdiri dari nada-nada mayor yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi suatu tatanan atau pola yang bisa kita terapkan dalam permainan gitar kita.

Hal itu berarti kita memainkan suatu rangkaian nada yang dipolakan dengan jarak / interval tertentu. Nah, pada major scale jaraknya adalah 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2. Dan kita ambil contoh C major scale, maka kita peroleh nada-nada sebagai berikiut: C-D-E-F-G-A-B.

Memainkan Major Scale dalam Fingerstyle

Pada permainan fingerstyle sebetulnya tak ada perbedaan yang begitu signifikan mengenai penggunaan scale tersebut. Pada permainan fingerstyle, kebanyakan masih menggunakan major scale sebagai otak penggerak aransemen. 

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini penulis berusaha menyajikan pemahaman mengenai konsep penggunaan major scale, khususnya pada permainan fingerstyle.

Tahapan Dasar Belajar Major Scale Fingerstyle

Pada kesempatan ini penulis akan mengulik mengenai major scale dasar pada fingerstyle. Walau sebatas dasar, akan tetapi scale ini wajib Kamu kuasai dan akan banyak membantu ketika suatu ketika Kamu akan membuat sebuah aransemen fingerstyle sendiri.

Major scale merupakan scale wajib yang harus Kamu kuasai, tak terkecuali pada permainan fingerstyle. Kali ini penulis tak akan menjelaskan satu per satu apa-apa saja yang terdapat dalam major scale. Ya, kali ini yang akan kita bahas adalah C major scale.

Diatas sudah penulis singgung bahwa scale yang akan kita pelajari adalah scale dasar, maka dari itu skala C mayor adalah  pilihan yang paling tepat. Pada skala C mayor kita tak akan dipusingkan dengan nada-nada kres dan sejenisnya.

Praktek Major Scale Pada Permainan Fingerstyle

C major scale pada permainan fingerstyle kali ini yaitu terletak pada posisi satu, pada posisi chord C dasar. Maka dari itu, siapkan jari Kamu untuk menekan senar membentuk chord C. Nah, posisi nada-nada yang nantinya akan ditekan / dimainkan adalah sebagai berikut:

1.3 (sol) 1.1 (fa) 1.0 (mi) 2.3 (re) 2.1 (do) 2.0 (si) 3.2 (la) 3.0 (sol) 4.3 (fa) 4.2 (mi) 4.0 (re) 5.3 (do) 5 (si) 5.0 (la) 6.3 (sol) 6.1 (fa) 6.0 (mi).

Nb: 1.3 berarti senar satu ditekan pada fret tiga, 1.0 berarti senar satu dibunyikan loss, dst.

Fungsi Major Scale dalam Fingerstyle

Setelah mengetahui bentuk major scale fingerstyle seperti contoh yang telah penulis berikan, maka Kamu juga harus tahu fungsi atau manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan major scale itu sendiri. Oke, mari kita lanjut.

Setelah Kamu mengetahui apa-apa saja not yang diamainkan pada mode Cmajor scale ini, Kamu harusnya sudah bisa untuk mulai mengkreasikannya sendiri ketika memainkan fingerstyle. Pada permainan fingerstyle adalah mode permainan fingerpicking atau petikan jari. Itu berarti kita harus memainkan not satu per satu.

Oleh karena itu, kita bisa memainkan not secara acak pada scale yang telah kita ketahui tadi guna menemukan nada yang pas untuk mengiringi lagu yang akan kita buat aransemen fingerstylenya.

Asalkan kita tetap bermain pada scale yang tepat dan tidak melenceng dari ketentuannya, bisa dipastikan apapun not yang kita mainkan akan masih terasa cocok, sama seperti prinsip melodi yang juga menggunakan scale tertentu.

Maka dari itu, dapat kita tarik kesimpulan bahwa fungsi atau manfaat dari penggunaan major scale adalah untuk memudahkan kita dalam mencari not-not apa saja yang cocok untuk mengiringi lagu secara solo akustik (fingerstyle).

Penutup: 

Untuk bisa membuat aransemen fingerstyle yang benar kita harus bisa memahami beberapa konsep dalam membuat suatu aransemen gitar, salah satu hal yang paling pokok tak lain dan tak bukan adalah scale. Maka dari itu belajar scale amatlah penting. 

Bila Kamu mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang gitaris fingerstyle, memahami secara cermat dan seksama mengenai materi scale mutlak harus Kamu kuasai.

Semoga bermanfaat







Posting Komentar untuk "CARA BELAJAR MAJOR SCALE FINGERSTYLE"