Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 CIRI GITAR SOLID (FULL KAYU)


5 CIRI GITAR SOLID (FULL KAYU)

Membahas tentang alat musik yang satu ini memang tak ada habisnya. Setiap hari ada saja yang bisa diulik dari alat musik berdawai ini. Banyak pula pertanyaan-pertanyaan yang muncul dan semakin hari semakin menumpuk.

Disitulah peran seorang penulis dalam memberikan informasi yang tepat guna dan waktu memainkan peranannya. Informasi-informasi terbaru beserta tips dan trik haruslah terus berkembang untuk mengimbangi masalah-masalah serta pertanyaan-pertanyaan yang kerap muncul.

Maka dari itu, untuk menyikapi pertanyaan yang kerap muncul dari para gitaris yang masih belajar atau masyarakat awam yang ongin belajar gitar, ada baiknya Kamu membaca lebih lanjut artikel ini. Mengapa? Kali ini penulis akan membahas mengenai cirri-ciri atau karakteristik gitar solid. Ya, gitar solid, gitar yang terbuat dari full kayu.

Oke, daripada terlalu lama bertele-tele, berikut ciri-cirinya.

1. Harga

Nah, ciri yang pertama juga merupakan hal yang paling mudah namun tak sedikit yang masih terkecoh dengan para penjual nakal. Cobalah untuk menggunakan logika kita baik-baik, mana ada gitar berkualitas dengan harga murah? Kecuali kalau Kamu membuat sendiri itu masih mungkin.

2. Kualitas suara

Indikator berikutnya yaitu kualitas suara. Awas! Ciri yang kedua ini kerap menipu, cukup sulit untuk membedakan mana yang gitar asli kayu dan mana yang gitar campuran, khususnya bagi yang masih pemula.

Bagi Kamu yang masih pemula dan belum mengenal betul mengenai gitar, Kamu harus mengajak teman maupun kenalan Kamu yang lebih paham mengenai gitar.

Gampangnya begini, kalau kita belum pernah nyoba gitar, atu pernah tapi yang harga murah, lalu mencoba gitar yang harga sejutaan ke atas pasti akan cukup terkesima. Tentu kita akan bilang bahwa gitar itu sangat bagus.

Hal tersebut adalah sangat umum karena kita belum berpengalaman m,encoba gitar yang cukup berharga. Namun sejatinya bisa terdengar jelas yang mana suara gitar solid dan mana yang campuran, atau istilahnya kw super.

Gitar solid mempunyai karakteristik suara khas yang bright, lembut dan nyaring. Tone (suara) yang dihasilkan akan terdengar sangat jelas. Dan yang pasti, yang membedakan gitar solid asli dengan gitar solid abal-abal adalah dari suara bassnya. Gitar solid karena terbuat dari kayu yang kokoh akan menghasilkan suara bass yang sangat jelas, dan mantap.

3. Bobot / Berat

Gitar solid karena terbuat dari kayu, maka bobotnya pasti lebih berat dari gitar-gitar pada umumnya yang bukan gitar solid. Saat Kamu mengangkatnya akan benar-benar terasa bahwa gitar itu berbobot.

4. Serat Kayu

Gitar solid yang terbuat dari kayu seutuhnhya akan nampak berserat. Secara alamiah kayu itu memiliki serat, entah bagaimana itu bentuknya. Nah, bila gitar terbuat dari kayu, maka meski sudah dicat atau dipelitur sehalus apaun akan tetap kentara seratnya.

Yang perlu menjadi perhatian yaitu kecocokan corak serat bodi gitar bagian luar dan dalam, mengingat sekarang ini banyak beredar gitar lapis (berkayu lapis). Amati baik-baik bagian dalam bodi gitar dan bagian luarnya. Lihat bagian belakang gitar dan cocokkan dengan bagian dalamnya (tabung gitar).

Corak seratnya haruslah sama. Meski banyak penjual nakal yang sekarang ini mengakalinya dengan cara mengecat warna berbeda, sejatinya kita tetap bisa membedakan bagaimana corak seratnya apakah sama ataukah tidak.

5. Kekerasan

Dan ciri terakhir yang wajib Kamu ketahui yaitu tingkat kekerasan gitar. Kekerasan disini bukan berarti KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) atau tawuran antar pelajar ya, melainkan tingkat kekerasan atau kekuatan gitar.

Gitar yang berbahan dasar kayu akan terasa kokoh ketika dipegang atau ditekan. Maka dari itu, cobalah untuk menekan gitar tersebut utamanya bagian side (sisi samping) dan bagian belakang tubuh gitar. Gitar solid akan terasa kuat dan sama sekali tak terasa lembek atau berongga.

Semoga bermanfaat.










Posting Komentar untuk "5 CIRI GITAR SOLID (FULL KAYU)"