Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MELETAKKAN BIOLA


CARA MELETAKKAN BIOLA


Cara Meletakkan Biola - Kali ini saya akan memberikan sebuah tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat semua yang memiliki biola dan sering memainkannya juga. Tips yang akan penulis bagikan yaitu mengenai cara meletakkan biola yang baik dan benar.

Meletakkan biola ketika selesai dipakai kelihatannya memang hal yang sangat sepele. Akan tetapi, sebenarnya hal itu berpengaruh besar terhadap keawetan biola yang kita miliki. Banyak kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi apabila salah dalam meletakkan biola.

Resiko yang paling umum bisanya adalah biola terjatuh sampai lecet-lecet, beberapa part-nya rusak, atau bahkan sampai patah. Nah, hal tersebutlah yang menjadi ancaman utama kerusakan biola. Untuk itu, tips ini penulis buat supaya sobat lebih mengenal tentang biola yang sobat miliki sehingga bisa lebih berhati-hati dalam meletakkan biola setelah digunakan.


Cara Meletakkan Biola yang Benar


Okee, langsung saja tanpa berbasa-basi lagi, ini adalah kelima cara meletakkan biola yang benar agar biola tetap awet dan aman selama tidak digunakan atau disimpan. 


1. Letakkan Biola di Tempat yang Datar


Cara meletakkan biola yang benar agar aman yang pertama adalah meletakkan biola pada bidang datar. Usahakan untuk selalu menempatkan biola di tempat yang datar dan tidak bergelombang. Kita bisa meletakkannya dalam almari, di atas kasur atau matras, dan di tempat-tempat lain yang sekiranya aman. Oh ya, jangan lupa masukkan dulu  biolanya ke dalam case-nya ya Sob.

2. Jauhkan Biola dari Ketinggian


Di awal sudah sedikit penulis singgung bahwa resiko utama kerusakan biola disebabkan karena biola jatuh. Maka dari itu, ketika cara meletakkan biola yang benar itu hidari meletakkannya pada tempat atau area yang tinggi. Jangan pernah meletakkan biola di meja yang tinggi, di atas lemari, atau bahkan asal sobat gantung di tembok begitu saja.

3. Taruh Biola di Tempat yang Bersih


Ketika meletakkan biola seusai dimainkan, perhatikan baik-baik tempat yang akan sobat gunakan untuk meletakkan biola. Amatilah, apakah ada banyak kotoran ataupun debu yang menempel di tempat itu. Poin pentingnya, jangan meletakkan biola pada tempat yang kotor dan berdebu karena akan membuat biola cepat kotor dan lambat laun akan menurunkan kualitas dari biola itu sendiri.

4. Gunakan Stand Biola


Sekarang ini banyak produk stand biola yang beredar di pasaran. Sobat bisa dengan mudah mendapatkannya baik secara online maupun offline di toko-toko musik terdekat. Bagi sobat yang malas untuk keluar dan mencarinya, sobat bisa membelinya dengan mudah secara online di situs-situs jual beli online yang sudah terpercaya seperti Buka Lapak, Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Di sana sobat akan mendapatkan berbagai macam pilihan dan harga yang bervariatif. Sobat juga akan menemukan banyak model dan merk dari stand biola. Ada yang model gantung, berdiri, dan juga ada yang miring.

5. Simpan Dalam Case Biola


Sebenarnya ini adalah pilihan yang paling tepat dan benar terkait cara meletakkan biola agar aman dan awet. Jika sobat jarang memainkan biola yang sobat miliki, atau berencana untuk tidak memainkannya dalam waktu yang cukup lama, sobat bisa menyimpannya saja ke dalam case biola. Tentunya hal tersebut bertujuan agar biola lebih aman dan tetap terjaga.


Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "CARA MELETAKKAN BIOLA"