Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA BELAJAR FORMULA CHORD LENGKAP DENGAN TABEL


Mungkin hingga detik ini masih banyak gitaris pemula yang bingung dan bertanya-tanya darimana sebuah chord gitar terbentuk. Tenang saja, saya dulu juga pernah mengalami masalah tersebut.

Saya dulu pernah bertanya-tanya pada diri sendiri, “kok bisa ya chord ini posisinya di sini, kok bisa ya chord itu posisinya tidak disitu?” 

Kebingungan pun melanda saya. Untungnya setelah saya mencari-cari informasi di internet dan Youtube, akhirnya saya menemukan materinya dan berhasil memahami konsepnya. 

Ternyata kuncinya sangat sederhana, yaitu “formula chord”  

Apa itu formula chord?  

Sederhananya, formula chord adalah nada-nada pembentuk chord. Untuk menjadi sebuah chord, setidaknya harus terdiri dari tiga buah nada atau lebih. Nah, itulah juga yang kerap disebut triad nada. 

Daripada terlalu lama bertele-tele, berikut ini saya berikan contoh penerapan konsep formula chord. 
Nb: Setiap chord dibentuk dari beberapa nada yang dirangkai menjadi sebuah chord.


Tipe Chord
Formula Chord
Major Triad
1   3    5
Minor Triad
1  b3   5
Diminished Triad
1  b3   b5
Augmented Triad
1   3    #5
Major 7
1   3     5   7
Minor 7
1  b3    5   b7
Dominant 7
1   3     5   b7
Half Diminished 7
1  b3   b5  b7
Diminished 7
1  b3   b5  bb7
Augmented 7
1   3   #5    b7
Suspended 4
1   4    5     b7
Minor / major 7
1   b3   5   7

Perhatikan baik-baik tabel di atas, Anda mungkin pernah bertanya-tanya, “kenapa ya letak chord A kok disitu, di fret kedua semua sejajar?”

Tabel di atas bisa menghapus rasa penasaran Anda sebelumnya karena terlihat begitu jelas, pada posisi chord A tersebut memenuhi pola Major triad dimana chord A tersebut terdiri dari nada A C# E (1-3-5). 

Perlu saya tekankan, susunan nadanya boleh bebas di senar berapapun dan fret berapapun juga. Asalkan tetap terdiri dari ketiga nada yang sudah menjadi patokannya (triad nada). 

Formula chord adalah sesuatu yang amat penting bagi Anda bila ingin mengetahui berbagai macam bentuk / variasi chord serta letak semua chord di sepanjang fret yang ada pada gitar. 

Mulai sekarang, cobalah untuk mempraktekan formula chord tersebut dan jangan heran bila nantinya Anda akan “tercengang” karena ternyata banyak variasi dari chord-chord gitar. 

Dengan demikian, Anda tidak akan merasa bosan memainkan chord-chord gitar yang bentuknya “hanya itu-itu saja”  

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "CARA BELAJAR FORMULA CHORD LENGKAP DENGAN TABEL"