Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW SENAR GITAR KLASIK D’ADDARIO PRO ARTE

REVIEW SENAR GITAR KLASIK D’ADDARIO PRO ARTE
sumber: adrianriyadi.blogspot.com
Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan sebuah review mengenai senar gitar klasik produksi brand ternama “d’addario.” D’addario adalah produsen senar gitar ternama asal Amerika Serikat yang sudah sangat dikenal di seluruh dunia melalui senar-senar hasil produksinya yang terkenal akan kualitasnya yang bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

Banyak tipe / seri yang telah dikeluarkan pihak d-addario untuk memuaskan hasrat para gitaris baik yang pemula, mahir, maupun virtuoso sekalipun. Salah satunya adalah senar d’addario pro arte. Senar gitar d’addario pro arte adalah senar yang khusus diciptakan untuk gitar kalsik. Senar yang terbuat dari bahan nilon asli ini sangatlah lembut dan nyaman di tangan.

Memiliki ukuran diameter yang tak terlalu besar (0,711m di senar pertama dan 1,09 di senar ke-enam) membuatnya terasa sangat mantap ketika di tekan. Tensi atau ketegangannya yang cukup rendah juga membuatnya mudah untuk ditekan, sehingga tak menimbulakn rasa sakit ketika kita memainkan gitar kesayangan dalam waktu yang cukup lama.

Terdapat dua buah varian senar d’addario pro arte. Yang satu adalah black nylon, dan yang satunya lagi silver nylon. Di atas kertas secara kualitas sama sekali tidak ada perbedaan. Namun berdasarkan pengalaman penulis selama menggunakan kedua senar tersebut, nampak ada sedikit perbedaan dari kualitas tone (nada) yang dihasilkan.

Secara personal, saya lebih menyukai yang varian black nylon karena tone yang dihasilkan terasa lebih kalem. Berbeda dengan yang varian silver nylon, kesannya agak sedikit keras (suaranya) dan sedikit terdapat noise ketika dimainkan dengan cara strumming yang keras.

Yang jelas utamanya perbedaan keduanya adalah dari warnanya. Pada varian silver nylon, senar melodinya (senar 1, 2, dan 3) berwarna putih bening sementara senar bassnya berwarna putih tua. Yang jelas, sama seperti senar-senar nilon pada umumnya yang dijual di pasaran.

Sementara itu, pada varian black nylon ketiga senarnya (senar 1, 2, dan 3) berwarna hitam pekat. Namun untuk senar bassnya (4,5,6) berwarna putih bening sama seperti senar bass pada gitar akustik biasa yang terbuat dari bahan nikel.

Dari segi keawetannya menurut saya kurang memuaskan. Dalam beberapa minggu saja dengan pemakaian yang tak terlalu intens sudah terlihat perubahan warna pada senar bassnya. Senar yang semula putih bersih akan berubah menjadi agak kecoklatan. Dan akhirnya setelah 2 bulanan kualitas nada yang dihasilkan nampak mengalami penurunan.

Sustain (rambatan suara) pada senar akan mulai mengecil / nampak redup. Penurunan kualitas tone akan sangat kentara ketika senar sudah berusia sekitar 4 bulanan. Terkadang tak jarang noise pun muncul ketika senar dipetik maupun distrumming (digenjreng).

Namun demikian, semua itu sangatlah wajar. Kebanyakan senar dengan merk lain juga memiliki tingkat keawetan yang tak berbeda jauh. Di samping itu, cara perawatan senar dan seberapa sering gitar dimainkan juga sangat berpengaruh.

Overall, senar d’addario pro arte adalah senar khusus untuk gitar klasik yang berkualitas bagus. Dengan harga yang tak begitu menguras kantong, kita sudah bisa memiliki senar bermerk dengan kualitas tone dan playbility yang mantap.

Semoga bermanfaat.  

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Senar Gitar

7 komentar untuk "REVIEW SENAR GITAR KLASIK D’ADDARIO PRO ARTE"

  1. udah lama ga main gitar, jadi kangen gitar2an bareng temen sma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, bangkitkan lagi aja kenangan masa lalunya gan. Masa-masa SMA kan memang masa-masa terindah dalam hidup.

      Hapus
  2. cara merawat senar supaya tidak karatan bagaimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering-sering dibersihkan saja sob senar gitarnya. Bisa kamu baca di sini kalau berkenan https://newartikelfahmi.blogspot.com/2016/12/cara-terbaik-membersihkan-fretboard.html

      Hapus
  3. ka, rekomendasi ukuran senar yg cocok untuk gitar nylon shelby dong. masih bingung mau pilih ukuran brp karena gatau, takut ada kerusakan di bagian neck atau bridge.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai senar ini sob. Atau pakai yang d'addario pro arte black ej45. Enak juga itu, gak terlalu besar, gak terlalu kecil.

      Hapus