Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGEN PUNYA GURU PIANO? LAKUKAN 3 TIPS INI DULU

PENGEN PUNYA GURU PIANO? LAKUKAN 3 TIPS INI DULU

Sampai detik ini Kamu mungkin masih bimbang apakah ingin menyewa Guru piano atau tidak? Hal itu sah-sah saja. Mau belajar otodidak maupun dengan instruktur piano sekalipun tak masalah. Yang terpenting adalah semangat belajar dari dalam diri Kamu sendiri. 

Tetapi bila Kamu pengen punya Guru piano, mungkin 3 tips sederhana ini dapat Kamu jadikan bahan pertimbangan atau sekedar referensi untuk Kamu.

1. Mencari guru piano

Ini adalah pilihan yang paling mahal, tetapi cara ini juga cara yang paling efektif untuk membuat Kamu mahir dalam bermain piano. Seorang guru piano yang memiliki memiliki rekam jejak yang baik terbukti dapat membantu pemula dalam belajar piano.

Di samping itu, mereka juga dapat mengajarkan Kamu dasar-dasar piano dengan benar. Memiliki seorang guru khusus dapat membantu Kamu menghindari cara-cara belajar yang kurang efektif yang dapat memakan waktu yang lama. Lakukan hal ini:
  • Koreksi cara membaca not, fingering, dan cermati permainan gurumu.
  • Minta gurumu untuk meninjau dan memberikan catatan dimana letak kesalahan Kamu.

2. Memutuskan seberapa sering untuk mengunjungi Gurumu

Sebaiknya jangan terlalu mengandalakan seorang guru ketika belajar. Berusahalah untuk belajar sendiri sesering mungkin. Jika sudah begitu, Kamu bisa menetapkan berapa kali akan mengunjungi Gurumu.

Untuk menghemat anggaran, Kamu bisa mengunjungi Gurumu hanya sebulan sekali untuk melakukan check-up pada kemajuanmu. Kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang membingungkan menurutmu. Misalnya saja ketika Kamu memainkan lagu, Kamu bisa menanyakan apakah tempo yang Kamu mainkan sudah tepat atau tidak.

3. Praktek

Sekali lagi, Kamu akan memerlukan banyak latihan untuk bisa bermain piano dengan baik dan benar. Banyak orang yang berkunjung dan berlatih beberapa kali dalam seminggu. Jadi, praktek dua sampai tiga kali seminggu atau setiap hari pun tak masalah. Toh, kalau Kamu suka mengapa tidak?

Paling tidak, usahakan praktek selama minimal 30 menit dua kali seminggu, tetapi Kamu juga perlu meluangkan waktu untuk meninjau kembali dan mengoreksi kesalahanmu. Kamu tidak perlu keyboard / piano ketika datang mengunjungi gurumu.

Tips Tambahan

  • Jangan tergiur untuk mencoba bermain tanpa “benar-benar” menekan tuts seperti efek yang biasa terdapat pada keyboard. Tekan dan tahan tuts agak lama sehingga terdengar lebih jelas dan Kamu akan bisa mendengarkan kesalahanmu. Hal ini cukup efektif untuk dapat membantu Kamu meningkatkan kemampuanmu.
  • Jika Kamu bermain alat musik lain di tunig lain juga (seperti Bb, Eb, atau F), Kamu mungkin ingin belajar bagaiman untuk mengubahnya dan memainkannya pada piano. Sehingga Kamu dapat memainkan musik dari alat musik lain pada piano.
  • Bb (B flat) mungkin adalah yang paling mudah. Dia hanya bergeser satu not ke kiri, kecuali untuk masing-masing C dan F, yang berakhir pada Bb (B flat) dan kunci Eb (E flat). 
  • Kamu bisa mencari bantuan dengan mencarinya di internet. Buka jendela baru dan mungkin Kamu akan mampu memainkan beberapa karya musik dengan berbagai macam alat musik 
  • Mainkan melodi dengan tangan kanan, dan hapus kebiasaan bermain melodi dengan kedua tangan. Ketika baru mencobanya, Kamu mungkin akan merasa sedikit canggung, tetapi kelak Kamu akan menyesal bila bermain melodi dengan kedua tangan sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk Kamu tinggalkan. 
  • Manfaatkan buku dan video.

Semoga bermanfaat.






2 komentar untuk "PENGEN PUNYA GURU PIANO? LAKUKAN 3 TIPS INI DULU"

  1. Siaaappp!!! Ane sedooot infonya gan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mas silahkan, berbagi ilmu itu indah. Terimakasih banyak atas kunungannya.

      Hapus