Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA ITU ARANSEMEN GITAR?

MEMAHAMI MAKNA ARANSEMEN GITAR

Ada banyak sekali definisi dari aransemen. Secara garis besar, aransemen adalah kegiatan menata dan memperkaya melodi sebuah lagu atau komposisi, yang sudah ada sebelumnya ke dalam format atau gaya baru. Medianya bisa apa saja, bisa berupa instrumen tunggal sampai orkestra.

Untuk membuat aransemen, sebetulnya lebih mudah ketimbang membuat suatu komposisi. Hal ini dikarenakan, kita tinggal “memungut” bahan-bahan yang sudah ada. Secara gamblang, kita hanya perlu menggunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Kita hanya tinggal mengamati permainan orang lain, kemudian menirunya. Setelah itu, tinggal melakukan sedikit modifikasi dan mengembangkan instrumenn-instrumen yang sudah ada sebelumnya.

Sejak zaman dahulu (sejak zaman manusia mulai mengenal musik) sampai sekarang ini, ada banyak sekali melodi, lagu, dan komposisi, mungkin ada ada jutaan atau bahkan puluhan juta. Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai sumber membuat suatu aransemen, khusunya aransemen pada gitar.

Contohnya saja lagu-lagu daerah yang terdapat di Indonesia, jumlahnya amat banyak. Belum lagi lagu –lagu daerah dari negara lain.

Dengan membuat aransemen, kita dapat membuat genre atau tipe musik sesuai selera kita. Walau begitu, kita tetap tidak boleh meninggalkan atau mengabaikan patokan-patokan dalam musik.

Namun terlepas dari semua itu, dengan membuat aransemen sendiri akan membuat kita merasa bangga, karena telah berhasil menciptakan suatu karya baru. Apalagi jika aransemen yang kita buat bisa terkenal dan disukai oleh banyak orang.

Kesimpulannya: Jangan pernah berhenti untuk mencoba, mencoba, dan mencoba. Semuanya tak akan bisa terealisasi jika kita tidak mau mencobanya. Jangan pernah takut salah!

Nah, itulah sekiranya sedikit pemahaman tentang apa itu aransemen pada gitar. Selamat berkarya.

Semoga bermanfaat. 

4 komentar untuk "APA ITU ARANSEMEN GITAR?"