Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 PENGETAHUAN DASAR PIANO YANG WAJIB KAMU TAHU

7 PENGETAHUAN DASAR PIANO YANG WAJIB KAMU TAHU

1. Mempelajari beberapa pengetahuan dasar piano

Ada sebanyak 88 tombol / tuts pada piano. Tuts piano yang berwarna putih disebut not utama (basic notes) karena mereka membunyikan not natural saat ditekan. Tuts piano hitam disebut accidentals karena mereka adalah not kres maupun rendah saat ditekan.

  • Ada tujuh nada dasar pada keyboard: CDEFGAB
  • Ada lima accidental per oktaf dan mereka bisa kres maupun rendah.
  • Pelajari nama-nama oktaf sebelah kiri dan kanan: clef bass dan treble clef

2. Gunakan buku panduan / tutorial 

Jika tidak memiliki guru, dapatkan buku tutorial untuk menjadi panduan Kamu. Ada banyak buku yang tersedia di toko-toko musik khusus dan toko buku biasa yang akan menuntun Kamu melewati proses langkah-demi-langkah dalam belajar bagaimana membaca not-not musik, bermain scale dasar (pokok), progresi chord dan juga cara memainkan lagu-lagu yang sederhana.

Manfaatkan juga alat-alat multimedia seperti DVD tutorial. Di luar itu, video-video yang ada di YouTube juga merupakan sumber pengetahuan yang sangat berharga. Jika Kamu adalah tipe orang yang suka pembelajaran visual, YouTube sangat cocok untukmu karena Kamu dapat melihat bagaimana cara memainkan piano yang baik dan benar.

3. Mempelajari not / notasi musik

Kamu benar-benar perlu mempelajari dimana letak not-not pada piano, baik di oktaf utama maupun yang di bawah / di atas oktaf utama. Kamu dapat membeli / membuat sendiri stiker not angka untuk Kamu tempelkan pada piano agar membantu Kamu mempelajari penempatan not. Kamu juga bisa membeli buku panduan yang membantu pemula belajar bagaimana cara membaca not.

4. Belajar penempatan jari

Gunakan buku panduan piano tadi untuk membantu Kamu belajar memainkan not-not musik. Belajar penempatan jari dengan not sama pentingnya dengan belajar menentukan dimana letak not berada. Jika Kamu tidak berlatih menggunakan metode yang benar, maka Kamu akan mengalami kesulitan memainkan tombol bagian atas dan bawah dengan seimbang.

5. Praktek bermain scale atau tangga nada

Bermain scale dapat membantu Kamu untuk lebih peka terhadap letak dan karakterik bunyi not. Jika Kamu belajar bagaimana cara membaca, bermain piano sambil membaca not dapat membantu Kamu belajar di mana letak not berada dan pada oktaf ke berapa ia berada. Mainkan scale satu per satu dengan menggunakan masing-masing satu tangan. Kemudian mainkan secara bersamaan.

6. Belajar lagu yang mudah / sederhana

Dengan menggunakan buku panduan, Kamu akan menemukan beberapa lagu yang mudah untuk dimainkan. Buku itu akan mengajarkan Kamu bagaimana cara memainkan lagu yang mudah itu, serta teknik penempatan jari yang baik dan benar.

Berlatih dengan lagu-lagu yang mudah juga membantu Kamu untuk menghafal di mana letak not berada, yang dapat meningkatkan feeling dan kejelian Kamu. Kamu bisa memulainya dengan nada dasar C mayor. Kemudian, carilah chord minor maupun mayor yang lainnya sehingga Kamu terbiasa dengan hal itu.

Ketika Kamu berlatih memainkan sebuah lagu, cobalah untuk memainkan melodi dan bass pada setiap baris untuk masing-masing tangan secara terpisah pada awalnya. Setelah kemampuanmu meningkat, maka mainkan mereka secara bersamaan.

7. Latihan, latihan, dan latihan 

Belajar piano membutuhkan banyak latihan dan jam terbang. Berlatihlah cara membaca lembaran not-not musik untuk meningkatkan teknik membaca, fingering dan permainan Kamu.

Usahakan untuk berlatih paling tidak tiga sampai empat kali dalam seminggu selama kurang lebih setengah jam. Perlu diingat, jangan melanjutkan ke pelajaran berikutnya sampai Kamu telah berhasil menguasai pelajaran sebelumnya.

Semoga bermanfaat.









4 komentar untuk "7 PENGETAHUAN DASAR PIANO YANG WAJIB KAMU TAHU"

  1. Ulas lebih dalam lagi gan tutorial piano nya. Btw saya pengen belajar piano. Thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah kedepannya akan saya kupas lebih mendalam lagi. Semangat belajar ya Mas, terimakasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Silahkan kalau mau belajar. Yang terpenting harus punya tekad kuat dan konsisten dalam belajar. Semoga berhasil. Terimakasiah atas kunjungannya.

      Hapus