Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 TEKNIK FINGERSTYLE ALA SUNGHA JUNG

5 TEKNIK FINGERSTYLE ALA SUNGHA JUNG

Ketika menyaksikan permainan fingerstyle remaja asal Korea ini tak henti-hentinya membuat jantung kita berdecak kagum. Skill dan teknik-teknik yang digunakannya memang sangat memukau.

Namun, apakah Kamu tahu apa saja teknik-teknik yang digunakan oleh gitaris fingerstyle asal Korea ini? Mari kita bahas lebih dalam kelima teknik yang biasa digunakan oleh sang maestro gitar, Sungha Jung.

1. Fingering

Fingering yaitu penempatan jari, artinya penempatan jari-jari tangan kanan yang difungsikan untuk memetik senar (fingerpicking) dan juga penempatan jari-jari tangan kiri yang digunakan untuk menekan senar. Untuk lebih jelasnya bisa Kamu baca di sini

Di samping itu, ada baiknya Kamu juga menguasai teknik memetik senar-senar bass dengan menggunakan jari-jari tangan kanan (selain jempol). Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan dalam memetik senar pada kondisi tertentu. Lihat saja para pemain bass, mereka terlihat lincah memetik senar bass dengan jari-jarinya.

2. Dual dan Triple Picking

Yang dimaksud dengan dual dan triple picking yaitu memetik senar secara bersamaan dalam harmoni atau pada ketukan tertentu, inilah fungsi menmpelajari teknik fingering tadi. Untuk bisa memetik senar secara bersamaan dengan baik dan benar, teknik fingering harus diperdalam.

Kelincahan jari sangat menentukan keberhasilan dari teknik ini. Selain itu tempo yang tepat juga sangat berpengaruh. Untuk itu, dalam latihan fingering Kamu juga harus berlatih menyesuaikan tempo. Untuk memudahkannya, kamu bisa membeli “metronome” untuk berlatih bermain tempo. Metronome sendiri bisa dijumpai hampir di seluruh toko musik.

3. Teknik Melodi

Berikutnya yaitu teknik melodi. Bagi para pemain melodi tentunya hal ini terasa mudah, karena sudah terbiasa. Namun, bagi orang awam yang baru belajar atau masih pemula hal ini tak selamanya mudah. Jangankan memainkan tekniknya, mengenalnya saja belum.

Hal inilah yang terkadang menjadi tembok penghalang bagi orang-orang yang ingin mempelajari fingerstyle. Sebut saja salah satu teknik melodi sweep picking, rasanya benar-benar susah.

Jujur, saya sendiri pernah mengalami kesulitan itu dan nyaris membuat saya pustus asa. Namun dengan semangat kuat untuk bisa, akhirnya saya mampu menguasainya.

Beberapa teknik melodi (teknik tablature) lainnya yaitu: hammer on, pull off, ghost note, slide, dan yang lainnya. Untuk bisa memainkan fingerstsyle dengan baik Kamu wajib menguasai teknik-teknik tersebut.

4. Harmoni Notes

Harmoni notes, yaitu teknik membunyikan nada dengan hanya menyentuh senarnya (tanpa memeik) secara langsung pada fret-fret tertentu. Umumnya teknik ini hanya digunakan pada fret-fret bernada tinggi (fret 12 ke atas). Jika belum terbiasa hal ini akan terasa sulit sekali.

Masalah yang kerap terjadi yaitu terkadang senar malah tak berbunyi, fals, atau temponya yang kurang tepat. Untuk bisa menguasai teknik harmoni notes, Kamu harus sering-sering belajar dan praktek.

5. Drifting

Satu lagi teknik fingerstyle ala Sungha Jung, yaitu teknik drifting. Teknik ini memang tak terlalu sering digunakan oleh Sungha Jung. Namun setahu saya, teknik ini pernah terlihat saat ia memainkan lagu Sweet Chid O’mine dan Big Bang Haru-haru.

Karena jarang sekali digunakan oleh Sungha Jung, teknik ini juga mempunyai tingkat kesulitan yang paling tinggi diantara keempat teknik sebelumnya (menurut saya pribadi).

Dalam teknik drifting terlihat seorang gitaris memainkan jari-jarinya di atas fret secara langsung dengan memteik atau tanpa memetik senar, kemudian diikuti ritme jari-jari tangan kiri yang mengalir cepat bersamaan dengan perpindahan suatau nada ke nada yang lain. Teknik ini merupakan teknik yang sangatlah kompleks, sehingga tak mudah untuk menguasainya.

Andy McKee adalah salah seorang gitaris yang sanagat terkenal dengan teknik ini. Bahkan ia memodifikasi gitar sendiri untuk memudahkannya dalam memainkan teknik ini.

Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Biodata Sungha Jung

13 komentar untuk "5 TEKNIK FINGERSTYLE ALA SUNGHA JUNG"

  1. Balasan
    1. Ya mas semoga manfaat dunia akherat:D. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Siip gitar emang alat musik yang menyenangkan.

    BalasHapus
  3. Benar sekali. Gitar memang alat musik yang amat menyenangkan bila kita "bisa" memainkannya dengan baik dan benar. Terimakasih sudah berkunjung. Salam blogmania. .

    BalasHapus
  4. pas sekali nih artikelnya, saya sedang latihan teknik Sungha Jung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Silahkan berlatih dan berlatih, biar kita sama-sama belajar. Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Semangat terus sob. Saya dulu awalnya juga terinspirasi dari Sungha Jung.

      Hapus
  6. makasih buat info main fingerstyle nya yah gan, bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Gan. Terima kasih banyak sudah berkunjung. Jangan bosan untuk mampir ya:)

      Hapus
  7. Bro artikel lu berfaedah sekalii! Thanks ilmunya!

    BalasHapus