Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL ANDY MCKEE DENGAN TEKNIK “DRIFTING” HANDALANNYA

MENGENAL ANDY MCKEE DENGAN TEKNIK “DRIFTING” HANDALANNYA

Untuk menanmbah referensi musik sobat semua, kali ini penulis akan mereview salah seorang gitaris fingerstyle papan atas dunia yang terkenal dengan teknik drifting handalannya. Andy McKee adalah seorang gitaris fingerstyle yang lahir pada 4 April, 1979 di Topeka, Kansas, Amerika Serikat. Sejak muda ia dikenal sebagi gitaris yang sangat berbakat. Kemampuan dan kreatifitasnya sangat memukau, sehingga ia memilki banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia.

Video miliknya yang berjudul “Drifting” yang telah ia upload di youtube, hingga akhir 2006 telah disaksikan hingga nyaris mencapai 37 juta kali tayang. Selain itu, videonya yang berjudul “Afrika” dan “Rylyn” juga telah dilihat hingga jutaan kali. Sungguh luar biasa bukan?
             
Andy McKee begitu dikenal dengan teknik drifting handalannya. Jari-jari tangannya bisa bergerak dengan lincah dan berirama. Perpaduan kecepatan dan ketepatan petikan jari-jari tangan kanan dan kiri membuat teknik drifting begitu disukai semua orang.
             
Untuk menunjang permainan driftingnya, ia tak segan-segan menggelontorkan sejumlah dana untuk mendesain dan memodifikasi gitar miliknya. Ia bahkan mengcustom gitar sendiri sesuai dengan seleranya, untuk menunjangnya dalam memainkan teknik tersebut.
            
Andy McKee pertama kali bermain gitar pada usia 13 tahun. Saat itu ia memainkan gitar nilon Aria string yang dibelikan oleh ayahnya. McKee mengungkapkan bahwa awalnya ia terinspirasi oleh seorang gitaris bernama Preston Reed. Sejak saat itu ia mulai belajar gitar dengan serius sampai ke teknik-teknik yang kompleks.

Selain terinspirasi permainan Preston Reed, McKee juga sangat menyukai permainan gitaris-gitaris dunia lainnya, seperti  Don Ross, Part Kirtley, dan Tommy Emanuel. Melalui pengaruh mereka jugalah yang turut membawa McKee menjadi seorang gitaris fingertyle.
             
McKee pertama kali merilis album perdananya pada tahun 2001. Ia merilis sebuah album yang berjudul “Nocturne”. Usai perilisan albumnya tersebut, ia berhasil mendapat gelar juara ketiga dalam ajang Fingerstyle Guitar Contest di Winfield, Kansas.
             
Pada tahun 2003, McKee mengadakan tour ke Taiwan bersama gitaris-gitaris fingerstyle lainnya. Ia berhasil mendapat gelar juara pertama pada ajang Miscellaneous Instrument Accoustic Contest. Ia berhasil mengalahkan para pesaing berat lainnnya seperti: Isato Nakagawa, Masaaki Kishibe, dan Jasques Stotzem.
           
Pada tahun 2004 McKee sukses merilis album keduanya yang berjudul “Dreamcatcher”. Dalam album ini ada sebuah lagu yang begitu hits, yaitu “Africa”. Pada tahun yang sama ia berhasil mendapat gelar juara kedua dalam sebuah kompetisi Guitar Fingerstyle di Kanada  Guitar Festival.
            
Semenjak saat itu McKee berhasil menjadi seorang gitaris fingerstyle papan atas dunia yang sangat terkenal. Ia adalah salah seorang gitaris fingerstyle yang dikenal lewat jejaring sosial Youtube. Bakat dan talenta unik yang dimilikinya membuatnya menjadi seorang gitaris fingerstyle yang begitu mengagumkan.

Semoga bermanfaat.
           

Posting Komentar untuk "MENGENAL ANDY MCKEE DENGAN TEKNIK “DRIFTING” HANDALANNYA"