Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA TERMUDAH STEM GITAR


CARA TERMUDAH STEM GITAR

Dalam bermain gitar, tentu kita harus bisa menyetem atau menyetel senar gitar, agar suara yang dihasilkan maksimal. Untuk steman standardnya yaitu: senar 1 bernada E, senar 2 bernada B, senar 3 bernada G, senar 4 bernada D, senar 5 bernada A, dan senar 5 bernada E. Nah, berikut ini ulasan tentang cara menyetem gitar dengan mudah.


Pertama bunyikan senar nomor 6 yang ditekan di fret / kolom 5, samakan suaranya dengan senar nomor 5 yang dibunyikan loss tanpa ditekan di fret manapun. 

Kedua bunyikan senar nomor 5 yang ditekan di fret / kolom 5, samakan suaranya dengan senar nomor 4 yang dibunyikan loss tanpa ditekan di fret manapun.

Ketiga bunyikan senar nomor 4 yang ditekan di fret / kolom 4, samakan suaranya dengan senar nomor 3 yang dibunyikan loss tanpa ditekan di fret manapun.

Keempat bunyikan senar nomor 3 yang ditekan di fret / kolom 4, samakan suaranya dengan senar nomor 2 yang dibunyikan loss tanpa ditekan di fret manapun.

Kelima bunyikan senar nomor 2 yang ditekan di fret / kolom 5, samakan suaranya dengan senar nomor 1 yang dibunyikan loss tanpa ditekan di fret manapun.

Nah, itulah langkah- langkah mudah dalam menyetem gitar. Terus latihlah feeling Kamu dalam mendengarkan setiap nada yang keluar dari ke-enam dawai gitar.  

Semoga bermanfaat.






























































2 komentar untuk "CARA TERMUDAH STEM GITAR"