Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

URUTAN LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ARANSEMEN SOLO FINGERSTYLE

Dalam membuat suatu aransemen fingerstyle, ada banyak langkah yang harus diperhatikan. Mulai langkah awal sampai akhir harus benar-benar diperhatikan. Kita memang tak harus menguasai sepenuhnya, tetapi paling tidak kita mengetahuinya. 

Untuk memahami dan mengaplikasikannya semua tergantung keinginan kita masing-masing. Namun untuk sekedar pengetahuan, berikut ini rangkuman langkah-langkah membuat aransemen solo fingerstyle dari apa yang telah penulis pelajari.

1.Menerapkan Chord Progression (perpindahan chord)

Mulailah menerapkan chord progression. Pahamilah chord-chord apa saja yang ada dalam sebuah lagu. Mulai mainkan melodi vokal sesuai dengan chord yang dimainkan. Setelah itu, tambahkan root chord pada ketukan-ketukan tertentu.

2. Membuat Base Arrangement (aransemen dasar)

langkah selanjutnya yaitu membuat base arrangement. Pelajari progressi bass beserta alternating bassnya. Hal-hal itu meliputi upper voice (senar 1, 2, 3), dan lower voice (senar 4, 5, 6). Pelajari dengan baik hingga tempo bisa kita atur dan sesuaikan dengan tempo dan irama aslinya. Kita bisa menambahkan bumbu-bumbu lain di dalamnya. Menambahkan riff (frase pendek) pada bagian upper voice juga bisa kita lakukan.

3.Belajar Berbagai Teknik Aransemen

Pahami dan pelajarilah berbagai teknik aransemen yang ada. Kita harus sering-sering mendengarkan berbagai karya yang telah ada. Dengan demikian kita akan mendapatkan wawasan bermusik yang semakin luas. 

Semakin banyak pelajaran yang mampu kita kuasai akan semakin baik. Hal ini juga dapat membuka peluang bagi kita, agar kita bisa menjadi musisi yang hebat dan terkenal di seluruh penjuru dunia. Selamat berkarya. . .

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "URUTAN LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ARANSEMEN SOLO FINGERSTYLE"