Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PILIH MUSIK SENDIRI ATAU ORANG LAIN?


PILIH MUSIK SENDIRI ATAU ORANG LAIN?

Dalam bermain musik, siapapun memerlukan karya untuk dimainkan. Bisa menggunakan karya sendiri maupun karya orang lain. Tetapi manakah yang akan Kamu pilih? Karyamu sendiri atau karya orang lain. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk memainkan musik, kita memerlukan pengetahuan dan keterampilan untuk memainkan instrumen, termasuk vokal dan musik yang akan dimainkan. Kita tidak mungkin memainkan alat musik tanpa adanya lagu atau musik untuk dimainkan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencari bahan yang akan dimainkan. Bagi mereka yang belajar di sekolah-sekolah musik, mereka mendapatkan materi dari buku-buku pelajaran. Selain itu, mereka juga mendapatkan pelajaran dari seorang guru. Bahkan mereka juga berkesempatan untuk menirukan permainan guru mereka secara langsung.

Ada juga yang belajar di luar sekolah musik. Tanpa kursus, tanpa guru, bahkan tanpa buku. Metode belajar mereka hanya mengandalkkan pendengaran atau insting musik yang baik. Mereka hanya mendengarkan rekaman permainan orang, kemudian menirunya.

Tetapi hal itu tak selamanya mudah, bahkan kadang terasa sulit. Bagi mereka yang pendengarannya baik dan dapat mengenali nada per nada tentu akan terasa mudah. Tetapi bagi orang-orang yang kemampuan mendengarnya kurang baik, tentunya akan terasa sulit. Kebanyakan orang yang pandai dalam mengenali suatu instrumen bersumber dari bakat alami yang mereka miliki.

Mereka sangat berpotensi menjadi seniman musik yang berbakat. Bagaimana tidak, umumnya mereka lebih cepat memahami dan menguasai suatu karya musik. Bahkan lebih hebat dari orang-orang yang mengikuti kursus maupun sekolah-sekolah musik sekalipun.

Apapun cara kita dalam mempelajari musik, tujuannya sama. Yaitu mempelajari sebuah karya agar bisa dimainkan. Untuk siapa dan dimana, tergantung niat dan keinginan kita sendiri.

Sekarang pilhan ada ditangan kita, mau memilih musik sendiri atau musik orang lain. Bagi penulis, ada baiknya kita coba semua agar permainan kita terus berkembang. Terus berlatih dan belajar agar kita menjadi pemusik yang hebat. 

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "PILIH MUSIK SENDIRI ATAU ORANG LAIN?"