Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 MACAM VARIASI TEKNIK HARMONIK PADA GITAR

5 MACAM VARIASI TEKNIK HARMONIK PADA GITAR
Ragam Variasi Teknik Harmonik Pada Gitar

5 Macam Variasi Teknik Harmonik Pada Gitar - Dalam bermain gitar fingerstyle,  ada suatu teknik yang dinamakan “harmonik.” 

Pada prinsipnya harmonik adalah teknik membunyikan senar dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan bunyi “voicing” yang lebih variatif.

Selain itu, harmonik juga ditujukan untuk menaikkan solmisasi atau tangga nada pada gitar. 

Jenis-Jenis Teknik Harmonik Fingerstyle

Berikut ini adalah lima macam variasi teknik harmonik yang tak lazim digunakan lengkap dengan cara memainkannya.

1. Variasi Harmonik Pertama 

Yang pertama, kalian bisa memainkan harmonik dengan cara menempelkan (bukan ditekan) jari tangan kiri pada fret ke-5, 7, 12, dibarengi dengan memetik senar atau dengan strumming

Untuk menghasilkan bunyi yang maksimal, ada baiknya dibarengi tarikan jari tangan kiri seusai menempelkannya pada senar. Teknik ini bisa juga disebut “tapping harmonik.”

Perlu diingat, teknik harmonik umumnya dimainkan pada fret 5, 7, 12, atau bisa juga di fret ke-17 dan 19. 

2. Tapping Harmonic

Selanjutnya harmonik bisa dimainkan dengan cara menempelkan jari tangan kiri di salah satu senar pada fret ke-12. 

Cara kedua ini sedikit berbeda dengan cara pertama. Pada variasi pertama kita menempelkan jari di keseluruhan senar, sementara variasi kedua kita hanya perlu menempelkan jari di salah satu senar saja pada fret ke-12.

Umumnya teknik ini digunakan untuk memberikan efek “kejut” pada gitar dengan kecepatan yang maksimal. 

Hampir sama dengan variasi pertama, teknik ini juga bisa disebut dengan “tapping harmonik 

3. Slapping Harmonik

Berikutnya adalah dengan cara memukul papan fingerboard pada fret ke-5, 7, dan 12. Teknik ini digunakan ketika senar dibunyikan dalam keadaan loss (tidak membentuk chord). 

Lakukan teknik ini dengan cepat, sehingga memberikan efek kejut. Teknik ini sering disebut dengan “slapping harmonik.”

4. Pinch Harmonic

Selanjutnya adalah teknik “pinch harmonik.” Teknik ini begitu disukai gitaris-gitaris metal maupun rock karena bisa memberikan efek “lengking” pada gitar. 

Caranya adalah, petik senar dengan pick gitar, atau bisa dengan tangan kosong sambil menahan senar dengan menggesekkan ibu jari bagian dalam tepat saat senar telah dibunyikan. 

Hal ini dimaksudkan untuk menahan getaran bunyi yang dihasilkan sehingga akan terdengar bunyi yang tertahan. 

5. Full Tapping Harmonic

Variasi yang terakhir adalah tapping harmonik (full tapping harmonic). Dari berbagai jenis teknik harmonik, menurutku teknik inilah yang paling susah. 

Caranya adalah, petik senar dengan jari tengah atau jari manis, atau bisa dengan jari kelingkling maupun dengan ketiga-tiganya. Tahan senar menggunakan jari telunjuk. Ingat, jari telunjuk hanya ditempelkan bukan ditekan.

Aturannya adalah, ketika senar dibunyikan dalam keadaan loss (tidak ditekan di fret mana pun,  jari telunjuk ditempelkan pada fret ke-12. Dan setiap ditekan maju satu fret, jari telunjuk tangan kanan juga mundur satu fret. 

Sebagai contoh, saat kita menekan senar di fret pertama, berarti telunjuk tangan kanan menekan di fret ke-13.  Jika ditekan di fret 3 berarti telunjuk menahan di fret ke-15, dan seterusnya.

Nah, itulah berbagai macam variasi teknik harmonik pada gitar. Bagi kalian yang masih belajar, tetaplah semangat dan pantang menyerah! 

Semoga bermanfaat. 

















Posting Komentar untuk "5 MACAM VARIASI TEKNIK HARMONIK PADA GITAR"