Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 LANGKAH SEDERHANA BELAJAR GITAR UNTUK PEMULA


5 LANGKAH SEDERHANA BELAJAR GITAR UNTUK PEMULA

Bermain gitar tak hanya sebatas memperlihatkan kreatifitas dan seni semata. Dengan mampu bermain gitar Kamu akan terlihat lebih menarik, terutama di hadapan wanita, benar bukan? Berikut ini langkah-langkah sederhana yang dapat Kamu lakukan untuk mulai belajar gitar.

1. Punya Gitar

Yang pertama tentu Kamu harus mempunyai gitar, ibarat perang harus punya senjatanya dulu. Sebenarnya Kamu bisa juga meminjam gitar kepada teman, kerabat dekat, maupun orang-orang yang Kamu kenal. Tetapi untuk memaksimalkan langkah dalam belajar bermain gitar, Kamu harus mempunyai gitar sendiri. Dengan begitu, Kamu bisa bebas leluasa untuk berlatih gitar kapan saja.

2. Beli Buku Gitar

Selanjutnya, untuk mendapatkan materi belajar ada baiknya Kamu membeli buku belajar gitar. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko musik maupun toko-toko buku terdekat. Sesuaikan jenis bukunya, jika Kamu baru belajar belilah yang tingkatan pemula, jangan membeli yang tingkatan lanjut atau atas, seperti tingkat aransemen misalnya.  

Banyak sekali jenis-jenis buku belajar gitar dari tingkatan pemula sampai yang mahir. Dengan begitu, Kamu akan mendapatkan materi belajar yang tepat. 

3. Pelajari Chod Dasar

Setelah semua modal telah Kamu miliki, saatnya belajar gitar yang "sesungguhnya" Mulailah belajar chord-chord dasar, hafalkan polanya dan latih penempatan jarimu. Berlatihlah berpindah chord dari satu ke yang lain, ulangi terus sampai lancar.

Untuk berlatih berpindah chord awalnya memang sulit, karena jari-jari tangan yang masih kaku, namun jika rutin berlatih kesulitan itu lama-lama akan menghilang. Beberapa chord yang menurut penulis mudah yaitu; chord C, F, Am, Em, G. Kamu bisa mempelajari beberapa chord dasar tersebut di awal-awal, mengingat tingkat kesulitannya yang relatif rendah. 

4. Latihan Strumming

Strumming atau kasarannya “menggenjreng” sebenarnya ada tekniknya juga. Kamu harus memperhatikan irama dan tempo lagu, agar chord yang sedang dimainkan enak didengar. Gaya strumming yang terkesan asal-asalan baik kasar maupun terlalu pelan dapat mengurangi, atau bahkan merusak keindahan lagu yang sedang dimainkan. Selain iu, gaya strumming yang terlalu monoton juga membuat permainan kurang menarik.  

5. Menyanyikan Lagu

Setelah semuanya dapat Kamu kuasai, kini saatnya praktek menyanyikan sebuah lagu dengan gitar yang ada di tanganmu. Belajarlah memainkan lagu-lagu yang mudah dulu, carilah lagu yang chordnya mudah dan berulang. Selain itu lagu bertempo “slow” juga bisa menjadi pilihan. Dengan irama yang relatif lambat akan membuatmu memiliki jeda, untuk bersiap menempatkan jari pada chord selanjutnya.

Semoga bermanfaat. 



2 komentar untuk "5 LANGKAH SEDERHANA BELAJAR GITAR UNTUK PEMULA"

  1. Belajar gitar dari buku itu tidak akan pernah efisien karna ilmu musik itu adalah sifatnya terapan dan harus di aplikasikan.jika terbiasa dengan buku itu akan membunuh feeling seseorang dalam melatih solfegionya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat, memang buku sifatnya sebagai penunjang. Dengan kehadiran "guru" secara langsung akan jauh lebih efisien. Tentunya kembali ke diri kita sendiri apakah mau belajar dan berlatih dengan giat.

      Hapus