Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 MODAL UTAMA YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT ARANSEMEN FINGERSTYLE


Dalam permainan fingerstyle, kita akan disajikan permainan yang begitu indah dan kaya akan nada dan juga bermacam trik. Tetapi di luar itu, dalam membuat aransemen fingerstyle yang sedemikian rupa tidaklah semudah angan-angan kita..

Seorang gitaris harus mempunyai beberapa modal utama yang dapat dijadikan sebegai jembatan dalam membuat suatu aransemen fingerstyle yang baik dan benar. Berikut ini 4 modal utama yang harus dikuasai agar bisa membuat aransemen fingersyle sendiri.

1. Tahu Semua Chord dan Scale

Modal pertama yang wajib dimiliki yaitu mengetahui semua bentuk chord beserta scale-scale pokok pada instrumen yang akan dimainkan. Setidaknya mayor, minor, dan dominant 7. Akan lebih bagus jika kita juga menguasai chord-chord lain yang lebih kompleks, seperti mayor atau minor 7, 11, 13, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Aransemen Gitar Tunggal

2. Memahami Berbagai Jenis Genre Musik

Modal berikutnya kita harus mengenal dan memahami berbagai jenis genre musik. Entah musik tradisi, klasik, hingga aneka jenis musik industri. Untuk itu kita harus sering mendengarkan musik, kita juga bisa menonton langsung suatu konser musik agar kita bisa lebih memahami jenis musik yang dimainkan. Dengar, amati, dan pelajari aransemen-aransemen yang dimainkan.

3. Memiliki Teknik yang Memadai

Berikutnya kita harus memiliki bekal teknik yang memadai, untuk bisa memainkan suatu aransemen yang ada. Walaupun teknik bukanlah segalanya, tetapi tekniklah yang menjadi jembatan untuk mengantar ke tujuan kita, yaitu menghasilkan aransemen musik yang baik dan enak didengar.

4. Meningkatkan Wawasan Musik

Setelah kita merasa mampu menguasai semua chord beserta scale dan teknik-teknik yang ada dalam gitar. Kita harus terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan musik. Jangan puas begitu saja, terus pelajari teknik-teknik dan teori musik lain yang ada di dunia ini.

Dengan sering membaca buku-buku musik, kita akan mendapatkan materinya. Jika tidak kita juga bisa mencarinya di internet. Barangkali ada banyak jenis musik yang sampai detik inipun kita belum tahu. Dengan demikian menjadi gitaris tunggal (fingerstyle) bukanlah hal yang mustahil lagi.

Nah, itulah 4 modal utama yang diperlukan agar bisa membuat aransemen fingerstyle. Semoga dengan mengetahui hal ini, Kamu bisa membuat aransemen fingerstyle sendiri ke depannya. Tak hanya sekedar “meniru” karya orang lain.

Semoga bermanfaat.








Posting Komentar untuk "4 MODAL UTAMA YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT ARANSEMEN FINGERSTYLE"